Selesaikan Urusan Pertanahan, Menteri ATR/BPN AHY Dapat Wejangan Wapres
MOHON ARAHAN: Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di rumah dinas wakil presiden, Jakarta, kemarin (24/2). (HUMAS SETWAPRES)
10:40
25 Pebruari 2024

Selesaikan Urusan Pertanahan, Menteri ATR/BPN AHY Dapat Wejangan Wapres

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akhir pekan kemarin (24/2). Dia mendapat arahan dan wejangan terkait dengan tugas barunya sebagai menteri agraria dan tata ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

AHY memastikan tidak ada pembicaraan politik dalam pertemuan tersebut. ”Beliau menyampaikan beberapa pesan karena saya ingin memohon wejangan sekaligus arahan-arahan terkait dengan urusan pertanahan, agraria, dan tata ruang,” ungkapnya seusai pertemuan di rumah dinas Wapres.

Dari Ma’ruf, AHY mendapat informasi terkait persoalan tanah yang masih sering dihadapi masyarakat. Khususnya masyarakat kecil. Bahkan, tidak jarang ada yang mengadu kepada Wapres.

Menurut AHY, itu merupakan tantangan bagi Kementerian ATR/BPN. Dia memastikan komitmennya untuk selalu menghadirkan solusi bagi masyarakat tidak pernah berubah. ”Tantangan bagi Kementerian ATR, bagaimana kami bisa secara utuh melihat permasalahan sengketa. Termasuk juga kasus-kasus yang disebabkan oleh mafia tanah yang merugikan masyarakat,” tegas ketua umum (Ketum) Partai Demokrat tersebut.

Kerja-kerja baik yang sudah dilakukan menteri terdahulu, Hadi Tjahjanto, terus ditingkatkan. Dia tidak ingin ada masyarakat yang dirugikan akibat ulah para pelanggar aturan. ”Jangan sampai ada siapa pun yang melawan hukum di negeri kita, termasuk di urusan pertanahan ini,” kata AHY.

Dia sudah membulatkan tekad untuk tidak membiarkan mafia tanah terus berulah dan membuat sengsara masyarakat. ”Jangan sampai hak mereka (masyarakat, Red) diinjak, apalagi masyarakat rentan. Banyak juga misalnya yang sudah pensiun itu yang dipermainkan, rakyat kecil dipermainkan. Kita tidak akan membiarkan itu terjadi,” janji putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu.

AHY mengaku menemui Wapres pada akhir pekan. Sebab, hari ini (25/2) Ma’ruf Amin harus bertolak ke Selandia Baru untuk melaksanakan tugas kenegaraan. Setelah bertemu Ma’ruf, AHY berencana menemui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (syn/c6/fal)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #selesaikan #urusan #pertanahan #menteri #atrbpn #dapat #wejangan #wapres

KOMENTAR