Para Menteri Hari Ini Terbang ke Magelang Pakai Hercules, Pembekalan 4 Hari di Akmil Gunung Tidar
Para menteri dan wakil menteri (wamen) Kabinet Merah Putih akan mengikuti pembekalan atau retreat di Akmil, Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah, mulai hari ini Kamis (24/10/2024) hingga Minggu (27/10/2024).  
08:37
24 Oktober 2024

Para Menteri Hari Ini Terbang ke Magelang Pakai Hercules, Pembekalan 4 Hari di Akmil Gunung Tidar

- Para menteri dan wakil menteri (wamen) Kabinet Merah Putih akan mengikuti pembekalan atau retreat di Akmil, Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah, mulai hari ini Kamis (24/10/2024) hingga Minggu (27/10/2024). 

Mereka akan berangkat bersama-sama dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU. 

"Kita besok hari Kamis jam 13.30 akan berangkat ke Magelang menggunakan pesawat Hercules, semua menteri dan wamen sampai hari Minggu, selama 4 hari, untuk mengikuti pembekalan-pembekalan supaya kabinet ini bisa solid dan bisa bekerja untuk bangsa dan rakyat. Materinya belum diberi tahu," kata Menteri Koperasi (Menkop), Budi Arie Setiadi di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Sementara itu Menteri Kehutanan, Raja Juli Antoni mengatakan dalam pembekalan tersebut seluruh menteri dan wakil menteri bakal dibekali sejumlah perlengkapan di antaranya yakni seragam.

"Alhamdulillah kami sudah diberi seragam oleh Pak Menseskab ya. Jadi coba nanti dilihatlah pakaian apa saja yang nanti akan dipakai para Menteri dan Wamen di Gunung Tidar. Selain seragam, ada kemeja, dua pasang kalau enggak salah," katanya.

Kemeja tersebut kata dia berwarna putih dan khaki. Selain itu para menteri juga dibekali sepatu, kaus olahraga dan topi. 

Sementara itu untuk agenda pembekalan nanti, Raja Juli mengaku belum mengetahui detilnya.

"Nanti coba cek ke mas Teddy (Sekretaris Kabinet) ya," pungkasnya.


Presiden Prabowo Subianto menjelaskan alasan mengajak para menteri dan wakil menteri anggota Kabinet Merah Putih untuk mengikuti pembekalan atau retreat di Akmil, Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. 

Melalui pembekalan tersebut Prabowo berharap akan terbangun kerja tim dalam Kabinet Merah Putih.

"Saudara, saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan, kemudian kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan akademi militer," kata Prabowo.

Prabowo yakin pembekalan di Akmil Magelang nanti akan membawa banyak manfaat. 

Magelang kata Prabowo merupakan kota bersejarah yang dulunya merupakan salah satu tempat perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah.

"Hal itu saya nilai akan membawa banyak manfaat, karena sesungguhnya lahirnya republik kita memang proklamasi di Jakarta, tapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik," katanya.

"Dan daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," tambah Prabowo. 

AHY Nostalgia

Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan RI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambut suka cita soal rencana Presiden RI Prabowo Subianto yang pengin melakukan pembekalan kabinetnya di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. 

AHY menyatakan, pembekalan yang nantinya diberikan oleh Prabowo adalah menjadi salah satu wadah untuk para menteri dan wakil menteri mengenal satu sama lain.

"Yang jelas semangatnya yang saya tahu, melanjutkan pembekalan-pembekalan yang dilakukan oleh pak Presiden Prabowo sendiri, termasuk juga semakin dekat antarmenteri, antarwamen," kata AHY.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu menyatakan, sejatinya untuk sebuah kebinet baru memang diperlukan kondisi saling kenal. 

Hal itu penting, pasalnya para jajaran di kabinet akan menjadi satu kesatuan untuk berkoordinasi di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

"Karena memang di awal-awal kabinet baru ini tentu perlu lebih saling mengenal, kalau sudah saling mengenal bisa saling berkoordinasi dengan lebih baik," ujar dia. 

AHY juga menyatakan, momen kembali ke Akademi Militer Magelang akan menjadi suatu hal yang spesial baginya.

Lantaran, Mantan Menteri ATR/BPN itu merasa bernostalgia karena pernah berpendidikan sebagai prajurit hingga perwira TNI di tempat tersebut. 

"Kembali ke Akademi militer itu pasti ada nostalgianya karena kami ditempa disana sebagai seorang taruna dan menjadi perwira disana. Akademi militer rasanya itu sebuah lembaga yang dikenal sampai dengan hari ini mencetak kader-kader patriot, pemimpin, tak hanya di militer, tapi juga di semua lini profesi dan pengabdian," ucap AHY.

Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut menyambut baik soal rencana pembekalan yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto itu. 

Terlebih kata dia, dimungkinkan akan ada agenda lapangan yang diterapkan kepada para menteri dan wakil menteri yang ditandai dengan dibagikannya seragam khusus.

"Oleh karena itu saya menyambut dengan penuh suka cita. Kemarin saya kaget, dibagikan juga seragam, seragam lapangan, mungkin juga ada kegiatan-kegiatan lapangan, saya juga tak tahu," tandas AHY.(Tribun Network/fik/riz/wly)

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #para #menteri #hari #terbang #magelang #pakai #hercules #pembekalan #hari #akmil #gunung #tidar

KOMENTAR