AHY Dilantik Jadi Menteri, Moeldoko Absen, Prabowo Kenakan Pin dengan Pita Merah Putih
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Istimewa )
12:24
22 Pebruari 2024

AHY Dilantik Jadi Menteri, Moeldoko Absen, Prabowo Kenakan Pin dengan Pita Merah Putih

- Tidak ada Moeldoko saat pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri agraria dan tata ruang (ATR)/kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) kemarin (21/2). Sebagai kepala staf presiden, Moeldoko biasanya hadir dalam pelantikan menteri atau pejabat negara di Istana Negara.

Absennya Moeldoko itu menjadi sorotan lantaran ada cerita di balik relasi mantan panglima TNI tersebut dengan AHY. Keduanya berseteru karena persoalan kepengurusan Partai Demokrat pada 2022. Masing-masing saling klaim sebagai ketua partai yang sah berdasar kongres Partai Demokrat.

Moeldoko pernah terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat melalui kongres luar biasa (KLB) pada 5 Maret 2021. KLB itu digagas sejumlah politikus Demokrat yang tak setuju dengan kepemimpinan AHY. Beberapa tokoh di balik KLB itu, antara lain, Marzuki Alie dan Jhoni Allen.

Kisruh tersebut berlanjut ke jalur hukum. Mahkamah Agung menolak kasasi Moeldoko terkait kepengurusan Demokrat pada 3 Oktober 2022. Moeldoko sempat mengajukan peninjauan kembali (PK). Tetapi, MA kembali menolaknya pada 10 Agustus 2023.

Kepemimpinan AHY di Partai Demokrat pun berlanjut. Hingga kini, dia membawa Demokrat masuk Koalisi Indonesia Maju dan menjadi pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Disinggung soal ketidakhadiran Moeldoko dalam pelantikannya, AHY tidak merespons banyak. Dia hanya menunjukkan mimik kaget mendapat pertanyaan dari awak media yang menunggunya di kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta. ”Waduh,” ujarnya singkat sambil melangkah pergi ke area sertijab.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan juga tak ambil pusing atas absennya Moeldoko. ”Saya pikir kehadiran bergantung kesibukan masing-masing,” ungkap Syarief saat ditemui seusai menghadiri sertijab menteri ATR/BPN.

Moeldoko yang menjadi sorotan akhirnya muncul melalui unggahan di akun Instagram-nya. ”Yang cari saya hari ini, tenang-tenang, saya ada di sini,” tulisnya.

Dia mengaku tengah bertugas menjadi pembicara Konferensi FAO Asia-Pasifik di Sri Lanka kemarin. Dia menyampaikan permohonan maaf lantaran tidak bisa menghadiri pelantikan. Moeldoko juga mengucapkan selamat kepada Hadi Tjahjanto dan AHY dengan me-mention langsung akun masing-masing.

TUGAS BARU: Menhan Prabowo Subianto mengucapkan selamat kepada Menko Polhukam di Istana Negara, Jakarta, kemarin (21/2). (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

Sementara itu, dalam pelantikan Menko Polhukam dan menteri ATR/kepala BPN kemarin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut hadir. Yang menjadi perhatian, posisi Prabowo yang berdiri di sisi Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Menteri lainnya berjarak cukup jauh.

Selain itu, di dada kiri Prabowo terpasang pin kenegaraan. Sekilas mirip dengan punya Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin. Yakni, pita merah putih memanjang ke bawah, lalu ada benda bulat untuk menunjukkan jabatan. Hanya Prabowo yang mengenakan tanda tersebut. Menteri lain hanya menggunakan pin tanda jabatan tanpa ada pita merah putih.

Mengacu Peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 1 Tahun 2016 tentang Tanda Jabatan Presiden, Wakil Presiden, Menteri, dan Pejabat Setingkat Menteri, pada pasal 5 disebutkan bahwa tanda jabatan presiden dan wakil presiden dipasang dengan cara digantungkan pada pita warna merah putih yang bagian tengahnya terdapat lambang negara. Sementara, untuk tanda jabatan menteri tidak diatur apakah menggantung dengan pita merah putih.

Dalam pelantikan kemarin, juga tampak adik AHY, Edhie Baskoro Yudhoyono. Dia menilai sang kakak akan beradaptasi dengan posisi barunya. ”Saya yakin Mas AHY adalah orang yang tepat, bekerja sebaik-baiknya, dan tentu dapat berkomunikasi dengan seluruh kementerian,” ungkapnya.

Ibas sendiri merasa kaget ketika mendengar kabar AHY diminta menjadi menteri. ”Ajakan dan kepercayaan itu (datang) lebih cepat,” ucapnya.

Soal penunjukan sebagai menteri, AHY menuturkan pada Senin (19/2) malam mendapat telepon dari Mensesneg Pratikno. Yang ditanyakan apakah dirinya berada di Jakarta atau tidak. Karena sedang di Jakarta, AHY diundang Presiden Joko Widodo. ”Saya diterima oleh Pak Presiden Jokowi di Istana Merdeka kemarin (Selasa, 20/2, Red) malam,” ujarnya. Dalam pertemuan itulah, Jokowi meminangnya untuk menjadi menteri ATR/kepala BPN. (lyn/mia/c7/fal)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #dilantik #jadi #menteri #moeldoko #absen #prabowo #kenakan #dengan #pita #merah #putih

KOMENTAR