Khofifah Bertemu Ribuan Nelayan Banyuwangi, Siap Wadahi Aspirasi Perluasan TPI Hingga Pembangunan Breakwater
Calon Gubernur Jawa Timur Nomor Urut 2 Khofifah Indar Parawansa menemui ribuan nelayan, pedagang dan pembeli ikan di Pasar Ikan Brak Kalimoro, Tembokrejo, Muncar, Banyuwangi, Senin (21/10/2024).
18:56
21 Oktober 2024

Khofifah Bertemu Ribuan Nelayan Banyuwangi, Siap Wadahi Aspirasi Perluasan TPI Hingga Pembangunan Breakwater

Calon Gubernur Jawa Timur Nomor Urut 2 Khofifah Indar Parawansa menemui ribuan nelayan, pedagang dan pembeli ikan di Pasar Ikan Brak Kalimoro, Tembokrejo, Muncar, Banyuwangi, Senin (21/10/2024). Kunjungan Khofifah itu untuk mendengar langsung uneg-uneg dan keluhan mereka.

Diantara aspirasi yang disampaikan adalah kebutuhan perluasan pasar ikan. Nelayan mengharap pembangunan penambatan perahu dan adanya kebutuhan breakwater. Merespons aspirasi itu, Khofifah meminta mereka merumuskan kebutuhan prioritas. Seperti reklamasi dengan memperluas kawasan pasar ikan atau membangun pemecah ombak serta penambatan kapal bagi para nelayan.

Dikatakan Khofifah, kebutuhan itu penting agar produktivitas nelayan tetap terjaga. Terlebih pasar ikan Brak Kalimoro menjadi tumpuan perdagangan jual-beli ikan tangkap di Banyuwangi.

‘’Pagi ini kami mengawali kunjungan ke Pasar Ikan Brak Kalimoro di kawasan Muncar. Kami banyak menerima aspirasi nelayan. Diantaranya kebutuhan perluasan pasar. Bahkan tadi ada yang mengusulkan untuk reklamasi. Kemudian juga butuh penambatan kapal karena volum kapal yang sandar di sini memang besar,” ujar Khofifah.

“Saya juga tadi tanya, butuh atau tidak breakwater, ternyata juga butuh. Artinya kami senang bahwa komunikasi dan dialog dengan para nelayan di sini sangat bersambung,” imbuhnya.

Khofifah berkomitmen akan mengakomodir masukan dari nelayan. Pihaknya saat ini meminta nelayan Muncar untuk membuat tim guna menghitung kebutuhan yang sudah disampaikan. Seperti panjang kebutuhan breakwater dan kebutuhan item untuk perluasan pasar.

Calon Gubernur Jawa Timur Nomor Urut 2 Khofifah Indar Parawansa menemui ribuan nelayan, pedagang dan pembeli ikan di Pasar Ikan Brak Kalimoro, Tembokrejo, Muncar, Banyuwangi, Senin (21/10/2024).

Seluruh kebutuhan itu harus dihitung dan dilakukan asesmen. Sehingga pemenuhan kebutuhan nelayan benar-benar tepat guna dan memberi manfaat bagi kesejahteraan nelayan Jawa Timur khususnya di Banyuwangi. ‘’Kalau nelayan yang menghitung maka pemenuhan kebutuhan akan bisa dilakukan secara rigid,” kata cagub petahana itu.

Perhitungan itu akan berpengaruh terhadap besar anggaran. ‘’Apakah nanti bisa dianggarkan langsung oleh Pemprov Jatim ataukah nanti tidak menutup kemungkinan kami juga komunikasikan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tegas Khofifah.

Khofifah juga mendorong hilirisasi sektor perikanan. Peningkatan hilirisasi akan memberikan nilai tambah pada hasil ikan tangkapan nelayan. ‘’Makin kita bisa mendorong hilirisasi maka akan lebih signifikan nilai tambah bisa didapatkan nelayan,” pungkasnya.

Nelayan menyambut antusias kehadiran Khofifah. Mereka bersemangat dan siap mewujudkan kemenangan Khofifah-Emil untuk periode kedua. Pasalnya, mereka telah merasakan langsung kemajuan sektor perikanan Jatim selama lima tahun terakhir di bawah kepemimpinan Khofifah-Emil.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #khofifah #bertemu #ribuan #nelayan #banyuwangi #siap #wadahi #aspirasi #perluasan #hingga #pembangunan #breakwater

KOMENTAR