Ribuan Warga Akan Turun ke Jalan Sambut Kepulangan Jokowi di Solo
FOTO FILE: Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat blusukan di Jawa Barat, pada Rabu (8/5/2024). 
10:32
19 Oktober 2024

Ribuan Warga Akan Turun ke Jalan Sambut Kepulangan Jokowi di Solo

Diperkirakan ribuan bahkan puluhan ribu warga akan turun ke jalan menyambut kepulangan Jokowi di Solo, Jawa Tengah.

Jokowi akan mulai disambut ribuan siswa saat tiba di Bandara Adi Soemarno.

Dari bandara ke kediamannya, Jokowi akan disambut ribuan siswa di pinggir jalan.

Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Prokompim) Pemkot Solo Sulistiarini  mengatakan puluhan ribu siswa itu akan dibekali dengan bendera merah putih di sepanjang rute kepulangan Jokowi dari Bandara Adi Soemarmo sampai ke kediamannya.

“Anak sekolah akan diberi bendera merah putih dikibarkan saat rombongan lewat. Protap tetap harus dikawal kurang lebih 10 kendaraan,” jelas Sulis pada Jumat (18/10/2024) dikutip dari Tribun Solo.

Sulistiarini menambahkan Jokowi rencananya akan sampai di Bandar Udara (Bandara) Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kita sudah berkoordinasi dengan protokol istana, jajaran TNI Polri. Pak Jokowi akan menuju Solo tanggal 20 Oktober 2024 jam 16.00 sudah landing di Bandara Adi Soemarmo. Kita menyiapkan penyambutan dalam bentuk visual baliho, videotron, dan spanduk. Penyambutan oleh warga dan siswa sekolah di sepanjang jalan yang dilewati dari bandara sampai Sumber,” terangnya.


Seperti diketahui Jokowi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden RI selama 10 tahun besok 20 Oktober 2024.

Hal itu terjadi setelah Prabowo Subianto dilantik sebagai Presiden RI menggantikan Jokowi besok di MPR RI.

Penyambutan Tradisi Jawa

Sulistiarini menerangkan bahwa penyambutan Jokowi juga akan dilakukan dengan tradisi Jawa cucuk lampah yang bakal dilakukan oleh Putra-Putri Solo sebelum Presiden RI ke-7 tersebut sampai di rumahnya. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan 5 pertunjukan di beberapa titik sepanjang rute kepulangan Presiden Jokowi pada Minggu (20/10/2024) mendatang.

Pertunjukan ditampilkan berupa potensi lokal yang dimiliki Kota Solo dalam rangka ikut memeriahkan penyambutan kepulangan Presiden RI ke-7 tersebut.

 Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Prokompim) Pemkot Solo Sulistiarini menerangkan bahwa pertunjukkan Gajah Krumpyung akan ditempatkan di Tugu Makuto, lalu pertunjukkan Buto Gedruk akan tampil di perempatan Tugu Wisnu Manahan.

Tak hanya itu saja, ada pula pertunjukkan Marching Band 408 Kostrad juga akan ditampilkan di perempatan Fajar Indah. 

Selain itu juga ada pertunjukan Reog yang digelar di perempatan Sumber tepatnya di dekat lapak Sate Dahlan, termasuk pertunjukkan musik Keroncong yang akan tampil di sebelah timur rumah kediaman Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

“Di ruang transit akan kita kondisikan sebelah timur rumah beliau ada hiburan keroncong,” jelas Sulistiarini saat ditemui di Ruang Rapat Wali Kota Solo, Jumat (18/10/2024).

Prosesi Adat Jawa

Prosesi adat Jawa lainnya seperti pasrah tinampi atau serah terima juga akan digelar dalam upacara penyambutan kepulangan Jokowi nantinya.

Prosesi ini dilakukan dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan diterima oleh pejabat pemerintah setempat.

“Hanya ada sambutan penyerahan. Yang kita sudah ketahui yang membersamai Pak Jokowi ada Panglima TNI dan Kapolri. Setelah penyerahan ada sambutan penerimaan. Yang menerima Camat Banjarsari, Lurah Sumber, Ketua RT dan RW setempat, dan Ketua LPMK Sumber,” ungkap Sulis.

Berbagai prosesi ini akan disaksikan oleh para tamu undangan yang terdiri dari pejabat-pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Solo.

“Yang kita undang Forkopimda Provinsi, Forkopimda Kota, OPD, tokoh masyarakat, tokoh keagamaan,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Panglima TNI dan Kapolri Akan Ikut Prosesi Adat Jawa Sambut Kepulangan Jokowi ke Solo

 

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #ribuan #warga #akan #turun #jalan #sambut #kepulangan #jokowi #solo

KOMENTAR