Usai Nyoblos Jokowi Respons Soal Heboh Film Dirty Vote, Begini Katanya
Presiden Jokowi saat melakukan pencoblosan di TPS 10 Gambir, Jakarta pada Rabu (14/2/2024). [Suara.com/Yasir]
10:48
14 Pebruari 2024

Usai Nyoblos Jokowi Respons Soal Heboh Film Dirty Vote, Begini Katanya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memberikan hak suaranya untuk Pemilu 2024 dengan mencoblos di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Usai mencoblos Jokowi sempat melayani sejumlah pertanyaan awak media. Salah satunya adalah soal hebohnya film Dirty Vote.

Diketahui muncul film dokumenter Dirty Vote yang ditayangkan dan viral di media sosial, diungkapkan bahwa Pemilu 2024 diduga terjadi kejanggalan, dilihat dari berbagai dinamika yang terjadi.

Beberapa yang disinggung dalam film itu, adalah penunjukan penjabat (Pj) gubernur di tiap wilayah, yang salah satunya adalah Bey Machmudin yang disebut orang dekat istana, diperintahkan presiden memimpin Jawa Barat, yang dinilai strategis dengan jumlah pemilih Pemilu 2024 terbanyak sekitar 35 juta di 27 kabupaten kota.

Presiden Jokowi bersama Iriana Jokowi mencoblos di TPS 10 Gambir, Jakarta pada Rabu (14/2/2024). [Suara.com/Yasir]Presiden Jokowi bersama Iriana Jokowi mencoblos di TPS 10 Gambir, Jakarta pada Rabu (14/2/2024). [Suara.com/Yasir]

Kemudian, adanya ketidakberdayaan penyelenggara pemilu dalam menegakan aturan terkait pemilu atas berbagai dinamika yang ada, termasuk dalam hal ini adalah penegakan aturan atas pelanggaran pemilu. Hal itu, dinilai dalam film tersebut, karena ada tekanan, hingga menguntungkan pihak-pihak tertentu.

Kembali ke pernyataan Jokowi soal film Dirty Vote, ia hanya berkata singkat dengan bilang 'belum'.

Jawaban itu ia katakan saat awak media bertanya apakah Jokowi sudah menonton film Dirty Vote atau belum.

Selanjutnya ia berharap Pemilu 2024 bisa berjalan dengan lancar.

"Seluruh rakyat bisa menggunakan hak pilih dengan baik dan semuanya berlansung dengan jurdil luber dan aman," katanya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #usai #nyoblos #jokowi #respons #soal #heboh #film #dirty #vote #begini #katanya

KOMENTAR