Cara Mengetahui Hasil Nilai SKD CPNS 2024 Semua Formasi, Bisa Diakses Peserta dan Masyarakat Luas!
Ilustrasi tes SKD CPNS. (JawaPos.com)
21:24
16 Oktober 2024

Cara Mengetahui Hasil Nilai SKD CPNS 2024 Semua Formasi, Bisa Diakses Peserta dan Masyarakat Luas!

 

Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2024 telah dilaksanakan oleh sejumlah pelamar Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai hari ini (16/10).

3.035.723 pelamar CPNS 2024 harus saling beradu untuk memperebutkan posisi yang tersedia dan diincar oleh masing-masing pelamar.

Untuk mengakomodasi pelaksanaan SKD CPNS 2024, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapakan 246 tilok ujian dalam negeri yang tersebar dari ujung timur hingga barat Indonesia serta 93 tilok di luar negeri.

“Seperti tahun sebelumnya, mekanisme pelaksanaan SKD sendiri menggunakan standar berbasis ‘computer assisted test’ (CAT) sesuai dengan peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2024 terkait prosedur penyelenggaraan seleksi dengan metode CAT BKN,” keterangan resmi dari pihak BKN pada 16/10.

Tes SKD CPNS 2024 terdiri dari tiga komponen utama yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan total keseluruhan 110 soal.

Berdasarkan pelaksanaan tes SKD yang berbasis digital, hal ini memungkinkan para peserta yang telah selesai mengerjakan tes secara keseluruhan bisa mengetahui hasil pengerjaan.

Para pelamar yang telah mengusiakan pengerjaan mereka bisa langsung mengetahui apakah nilai yang didapat bisa mencapai minimum nilai ambang batas atau tidak.

Namun untuk penentuan kelolosan tetap saja bisa diketauhi saat pelaksanaan tes SKD keseluruhan karena akan diakumulasi oleh keseluruhan peserta yang mendaftar di tiap formasi.

Nilai hasil pengerjaan tes SKD bisa dipantau oleh para peserta sekaligus Masyarakat luas melalui siaran langsung YouTube yang disediakan oleh BKN.

Siaran langsung atau ‘live score’ SKD CPNS menampilkan keseluruhan hasil nilai pengerjaan peserta SKD dari masing-masing tilok penyelenggaraan ujian.

Siaran tersebut mecantumkan hasil sementara perolehan nilai sementara tiap peserta yang akan ditampilkan berdasarkan masing-masing sesi ujian, tanggal dan instansi yang dilamar.

Dilansir dari akun Instagram BKN @bkngoidofficial pada 16/10 bahwa Link siaran langsung atau ‘live score’ tersebut bisa diakses melalui kanal YouTube Official CAT atau melalui akun YouTube Kantor Regional dan UPT BKN se-Indonesia sesuai wilayah tilok.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #mengetahui #hasil #nilai #cpns #2024 #semua #formasi #bisa #diakses #peserta #masyarakat #luas

KOMENTAR