Pimpinan DPR sebut Pelantikan Herindra Jadi Kepala BIN Bersamaan dengan Menteri pada 21 Oktober
Wakil Menteri Pertahanan M Herindra tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024), untuk menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), pada Rabu (16/10/2024). 
12:18
16 Oktober 2024

Pimpinan DPR sebut Pelantikan Herindra Jadi Kepala BIN Bersamaan dengan Menteri pada 21 Oktober

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra akan dilantik menjadi Kepala BIN bersamaan dengan para menteri dan wakil menteri kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran, pada Senin (21/10/2024) mendatang.

Adapun hari ini, Rabu (16/10/2024), Herindra menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

"Ya kita rencananya hari ini setelah memberikan pertimbangan, besok kita akan paripurnakan dan berkirim surat ke Presiden," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Setelah disahkan melalui Rapat Paripurna, Dasco menyebut hasil pengesahan calon Kepala BIN akan diteruskan kepada pihak Istana, untuk ditindaklanjuti.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu mengatakan, pelantikan terhadap Herindra sebagai Kepala BIN bersamaan dengan para menteri dan wakil menteri.

"Kalau keburu mungkin, pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21," pungkas Dasco.

Untuk diketahui, DPR RI menerima surat presiden (Surpres) tentang permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Adapun soal pergantian Kepala BIN ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR melalui surat presiden RI Nomor 51 tanggal 10 oktober 2024. 

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan nama Kepala BIN yang diusulkan adalah M Herindra, Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024.

Herindra menggantikan posisi Budi Gunawan yang menjabat sebagai Kepala BIN

 

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #pimpinan #sebut #pelantikan #herindra #jadi #kepala #bersamaan #dengan #menteri #pada #oktober

KOMENTAR