Profil Didit Herdiawan, Pensiunan TNI AL Kelahiran Surabaya yang Ikut Dipanggil Prabowo ke Kertanegara
Laksamana Madya TNI (Purn) Didit Herdiawan Ashaf menyapa wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
11:32
16 Oktober 2024

Profil Didit Herdiawan, Pensiunan TNI AL Kelahiran Surabaya yang Ikut Dipanggil Prabowo ke Kertanegara

- Laksamana Madya TNI (Purn) Didit Herdiawan merupakan salah satu jebolan Akademi Angkatan Laut (AAL) yang memiliki segudang pengalaman. Sebelum dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Selasa (15/10), Didit pernah mengisi sejumlah posisi penting di TNI AL dan Mabes TNI.

Berikut rekam jejak dan riwayat karir tokoh asal Surabaya, Jawa Timur itu. Didit menuntaskan pendidikan taruna AAL pada 1984. Dia langsung bergabung dengan Korps Pelaut TNI AL. Sebagai pelaut, Didit menghabiskan sebagian besar waktunya menjadi awak kapal perang Angkatan Laut.

Didit tercatat pernah bertugas di KRI Ngurah Rai-344, KRI Lambung Mangkurat-374, KRI Fatahillah-361, dan KRI Nuku-373.

Tidak hanya di laut, Didit mendapat kepercayaan dari TNI AL dan TNI untuk mengisi sejumlah jabatan strategis. Mulai komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada Barat (saat ini Koarmada I), panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Asops Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), wakil KSAL, sampai menjadi Kepala Staf Umum TNI.

Di luar TNI AL dan TNI, Didit pernah menjadi ajudan presiden pada 2004-2009. Selain itu, dia juga pernah menjadi wakil gubernur Lemhannas pada 2015 dan inspektur jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada 2019.

Purnatugas di Kemhan, Didit dipanggil Prabowo untuk menjadi asisten khusus menhan bidang matra laut. Tugas itu masih dia emban hingga saat ini.

”Alhamdulillah kami sudah dipanggil oleh Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto untuk membantu beliau dalam pemerintahan ke depan. Sehingga apa yang diutarakan beliau tentang kondisi global dan sebagainya perlu diantisipasi. Yang jelas kami siap untuk melaksanakan tugas,” kata Didit usai bertemu dengan Prabowo.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #profil #didit #herdiawan #pensiunan #kelahiran #surabaya #yang #ikut #dipanggil #prabowo #kertanegara

KOMENTAR