Profil Komjen Agus Andrianto, Wakapolri Masuk dalam Kandidat Menteri
Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto mengikuti rapat kerja bersama Komisi III DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)
19:40
14 Oktober 2024

Profil Komjen Agus Andrianto, Wakapolri Masuk dalam Kandidat Menteri

- Wakapolri Komjen Agus Andrianto menjadi satu-satunya jenderal polisi aktif yang dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di bilangan Kertanegara, Jakarta Selatan. Sosok jenderal bintang tiga Polri itu terlihat di Kertanegara pada pukul 19.20.

Selama menjadi polisi, Agus memiliki rekam jejak dan karir yang cukup luar biasa. Agus tercatat sebagai salah seorang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989. Sebelum mendapat kepercayaan sebagai wakapolri, dia pernah menduduki berbagai posisi strategis di kepolisian. Di antaranya kepala Bareskrim Polri pada 2021-2023, kepala Baharkam Polri sejak 2019-2021, serta Kapolda Sumatera Utara (Sumut) pada 2017-2019.

Komjen Agus merupakan perwira tinggi Polri yang punya rekam jejak panjang sebagai polisi di bidang reserse. Sebelum menjadi perwira tinggi dan menyandang pangkat komisaris jenderal, beberapa posisi strategis pernah dia emban saat menjadi perwira menengah Polri. Seperti Kapolres Tangerang dan Kapolres Metro Tangerang.

Pada Senin (14/10), Agus menemui Prabowo dan membahas beberapa hal. Agus menyampaikan bahwa dalam pertemuan itu disampaikan beberapa hal mengenai kebijakan Prabowo di masa yang akan datang. Termasuk di antaranya yang terkait dengan arah pembangunan selama lima tahun ke depan. ”Beliau (Prabowo) tadi menyampaikan kepada saya apakah kalau ditugaskan untuk membantu beliau (saya) siap,” terang Agus.

Perwira tinggi Polri yang masih aktif bertugas itu pun menyatakan bahwa dirinya tentu akan siap bila diminta mengabdikan diri bagi bangsa dan negara. ”Tentunya sebagai prajurit Bhayangkara saya siap untuk mengabdikan diri bagi bangsa Indonesia,” kata dia. Namun demikian, Agus juga belum bisa mengungkap tugas yang bakal diberikan oleh Prabowo kepada dirinya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #profil #komjen #agus #andrianto #wakapolri #masuk #dalam #kandidat #menteri

KOMENTAR