Datangi Rumah Buruh di Brebes, Ganjar Diminta Revisi UU Cipta Kerja
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo didampingi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengunjungi rumah buruh di Desa Jagapura, Brebes.
00:08
11 Januari 2024

Datangi Rumah Buruh di Brebes, Ganjar Diminta Revisi UU Cipta Kerja

 

- Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo didampingi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengunjungi rumah buruh di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Brebes, Jawa Tengah Rabu (10/1). 

Ribuan buruh telah menunggu dengan setia kedatangan Ganjar Pranowo walaupun di tengah rintik hujan. 

Rumah yang didatangi Ganjar milik seorang buruh pabrik sepatu bernama Beni Aryono. Beni merupakan aktivis buruh sekaligus Ketua KSPSI Kabupaten Brebes dan juga memimpin Aliansi Buruh Kabupaten Brebes. 

Sambil duduk lesehan di rumah buruh, Ganjar mendapatkan keluhan terkait isu-isu ketenagakerjaan. Misalnya, persoalan upah buruh dan revisi UU Cipta Kerja

Ganjar menegaskan, bersama dengan calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD sudah mempunyai komitmen untuk mensejahterahkan buruh. 

Karena itulah, Ganjar memastikan akan terus menghadirkan langkah kongkret untuk keadilan bagi para buruh. Mulai dari formula upah yang adil buat buruh hingga mencari kesepakatan dalam UU Cipta Kerja. 

"Jadi, sebenarnya kecemasan dan kekhawatiran ini mereka yang sampaikan dan mereka berharap betul adanya peran Pemerintah untuk bisa memenangi mereka," kata Ganjar. 

Dalam pertemuan tersebut, mantan gubernur Jawa Tengah itu juga meminta masukan apa saja regulasi yang menurut buruh tidak memihak dan mendorong untuk membuat rumusan agar ke depan bisa menjadi bahan pertimbangan. 

Sementara, Andi Gani mengungkapkan, ada beberapa hal yang dibicarakan buruh dengan Ganjar Pranowo. Yaitu, revisi UU Cipta Kerja, soal sistem pengupahan yang dikembalikan ke Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dengan survey kebutuhan, dan persoalan outsourcing yang dibatasi jenis pekerjaan serta batas waktu. 

"Kemudian, dengan Mas Ganjar, buruh juga membicarakan persoalan PHK diperketat dengan aturan yang ketat, pembatasan ketat Tenaga Kerja Asing yang tidak memiliki keahlian khusus, serta berbagai jaminan untuk buruh diantaranya jaminan perumahan untuk buruh, jaminan kesehatan, dan jaminan pendidikan," ungkap Andi Gani. 

Andi Gani yang juga Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Ganjar ini mengatakan, sikap Ganjar yang berani berdiri bersama buruh diharapkan bisa konsisten bahkan jika nantinya terpilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Andi Gani juga memberikan masukan soal ketenagakerjaan untuk materi Debat Capres ke-5 dengan tema Ketenagakerjaan kepada Ganjar Pranowo. 

"Saya memberikan masukan perlunya revisi beberapa aturan ketenagakerjaan yang merugikan buruh dalam debat ke-5 nanti," ucapnya.

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #datangi #rumah #buruh #brebes #ganjar #diminta #revisi #cipta #kerja

KOMENTAR