Cegah TPPO, Bakamla Sosialisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
Ilustrasi: Human trafficking
15:40
14 Oktober 2024

Cegah TPPO, Bakamla Sosialisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia

Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) menjadi salah satu kejahatan transnasional yang menjadi atensi pemerintah Indonesia. Untuk mencegah korban terus berjatuhan, Badan Keamanan Laut (Bakamla) turut serta dalam sosialisasi pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang diselenggarakan di wilayah Banten pada Senin (14/10). 

Direktur Operasi Laut Bakamla Laksamana Pertama TNI Octavianus Budi Susanto hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut. Dia menyampaikan bahwa Bakamla memiliki peran penting dalam menjamin keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia. Hal itu sesuai dengan tugas, fungsi, dan kewenangan yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan. 

Tidak hanya itu, dia juga menekankan bahwa TPPO yang rawan bagi Pekerja Migran Ilegal merupakan permasalahan serius. Untuk itu, butuh sinergi dan integrasi antara pemerintah dan masyarakat agar masalah tersebut bisa diselesaikan. Dia pun menekankan pentingnya budaya melapor bila masyarakat mendapati dugaan tindakan TPPO.

”Pencegahan TPPO adalah tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Oleh karena itu, sinergi antara berbagai pihak sangat diperlukan agar penanganan masalah ini bisa lebih efektif, terutama di wilayah pesisir yang rentan terhadap praktik ilegal,” terang dia. 

Perwira tinggi bintang satu itu pun menyampaikan bahwa faktor yang sering memicu terjadinya TPPO adalah rendahnya kesejahteraan di wilayah-wilayah tertentu. Karena itu, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program pemberdayaan ekonomi kerakyatan sangat diperlukan. Termasuk diantaranya pemanfaatan sumber daya kelautan yang sangat tergantung pada kondisi cuaca, juga menuntut adanya alternatif peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir. 

Bakamla memastikan akan terus berkomitmen untuk mengawal keamanan laut Indonesia. Mereka juga akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.  

Editor: Banu Adikara

Tag:  #cegah #tppo #bakamla #sosialisasi #pelindungan #pekerja #migran #indonesia

KOMENTAR