Sempat Protes Ditempatkan di Komite II, Komeng Sampaikan Klarifikasi
Anggota DPD Alfiansyah alias Komeng memberikan hak suaranya saat sidang pemilihan pimpinan DPD masa jabatan 2024-2029 di Ruang Paripurna Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
12:16
14 Oktober 2024

Sempat Protes Ditempatkan di Komite II, Komeng Sampaikan Klarifikasi

    Alfiansyah Bustami alias Komeng sempat melayangkan kritikan atau protes gara-gara dirinya ditempatkan  di Komite II DPD RI dan pernyataan Komeng tentang protesnya tersebut sempat viral di media sosial dan menjadi sorotan publik luas.   Komeng kala itu dalam kampanyenya mengaku akan membenahi seni dan budaya jika terpilih menjadi DPD RI di dapilnya daerah Jawa Barat. Namun sayangnya Komeng justru ditempatkan di Komite II yang membidangi pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan, energi sumber daya mineral, meteorologi, klimatologi, hingga geofisika.   Komeng merasa penempatan dirinya di Komite II tidak sesuai dengan bidangnya. Alhasil, Komeng memberikan pernyataan mengejutkan di mana dirinya akan belajar ilmu yang mencakup ilmu pertanian, kelautan, perikananan, dan lain-lain.  

  Setelah sempat protes tentang penempatan dirinya di Komite II, Komeng akhirnya menyampaikan klarifikasi. Dia pun bersedia ditempatkan di Komite II untuk tahun pertama menjadi DPD RI.   "Buat para pemilih, nggak usah khawatir saya tidak di Komite III. Secara kelembagaan, saya tetap menghormati DPD dan Ketua DPD, Pak Sultan Bachtiar Najamudin,” ujar Komeng dalam unggahannya di Instagram.   Keputusan dirinya ditempatkan di Komite II bukan karena ada permasalahan. Komeng memastikan hubungannya berjalan baik dengan Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin.  

  "Bukan dari DPD atau dari Pak Sultan-nya sebagai Ketua DPD mengunci saya, nggak juga. Saya diberi kebebasan. Saya boleh di III bidang seni budaya, boleh di II, di I, di mana saja. Kemarin pas sidang Pak Sultan nawarin untuk pindah. Tapi teman-teman di Komite II bilang, ‘Bang Komeng jangan pindah’,” katanya.   Meski komitenya saat ini tidak sesuai dengan apa yang dikampanyekan, Komeng meminta mereka tidak usah sedih. Karena komite bisa berubah-ubah setiap tahunnya.   "Buat para pendukung saya, tidak usah khawatir. Di DPD itu tiap tahun bisa rolling. Saya tahun ini di Komite II, tahun depan di Komite III. Itu bisa saja biar merasakan semuanya,” ujar Komeng.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #sempat #protes #ditempatkan #komite #komeng #sampaikan #klarifikasi

KOMENTAR