Dari Polisi Menjadi Atlet, Ini Pangkat Terakhir Rivan Nurmulki
biodata rivan nurmulki (nstagram @rivannurmulki)
13:24
10 Oktober 2024

Dari Polisi Menjadi Atlet, Ini Pangkat Terakhir Rivan Nurmulki

Rivan Nurmulki adalah pevoli berbakat di Indonesia yang sebelumnya bertugas senagai polisi. Pria yang akrab disapa Rivan ini lahir di Bangko, Merangin, Jambi pada 16 Juli 1995.

Kini usianya menginjak 29 tahun. Ia adalah anak dari ayah, Nasrin dan ibu, Ika Nuryati, diketahui pula bahwa ia memeluk agama Islam.

Rivan memiliki hobi voli sejak kecil namun pendidikan formalnya juga tetap ditempuhnya, hingga lulus dari Universitas Yos Sudarso Surabaya dan berhasil menjadi seorang polisi.

Pada tahun 2020 ia menikah dengan Aprilia Indah Puspitasari dan tiga tahun kemudian sang istri melahirkan anak perempuan pertama mereka yang diberi nama Alesha Kenza Nurmulki.

Baca Juga: Adu Gaji Yolla Yuliana vs Megawati Hangestri Pevoli Go International, Siapa Paling Tinggi?

Pria pemilik tinggi badan 198 cm saat usia 17 tahun sudah mulai ikut tampil di berbagai turnamen di Merangin, setelah berlaga antar turnamen penampilannya pun semakin berkembang.

Ia memperkuat kub dalam posisi Opposite ini tahun 2015 salah satu pemain memperkuat tim nasional bola voli putra Indonesia.

Bahkan tahun 2021 hingga 2022 menjadi atlet voli pertama yang berkarir di liga Jepang, klub divisi liga 1 VC Nagano Tridents.

Rivan Nurmulki kini merapat Jakarta Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Badan Intelijen Negara, STIN BIN pada ajang Proliga 2024.

Awalnya ia secara resmi merupakan salah satu anggota Polisi, sehingga harus membagi waktu dengan pemain tim atlet voli. Ia berpangkat terakhir sebagai Briptu di Polda Jatim melalui kenaikan pangkat luar biasa sebagai atlet.

Baca Juga: Menggali Akar Masalah Fenomena Salah Tangkap: Tantangan Penegakan Hukum di Indonesia

Namun kemudian pertengahan tahun 2023 ia mengundurkan diri sebagai anggota polisi resmi dan ingin fokus menjadi atlet bola voli.

Kemudian ia pun memutuskan untuk tidak bergabung Jakarta Bhayangkara Presisi.

Tahun 2023 seakan menjadi tahun penuh tantangan bagi Rivan Nurmulki, ia harus menerima hukuman dari PP PBVSI sehingga harus tidak boleh mengikuti pertandingan internasional selama 1 tahun hingga tanggal 31 Desember 2024.

Ini disebabkan karena ia menolak masuk menjadi anggota Timnas dalam laga AVC Challenge Cup di Taipei, laga yang digelar pada bulan Juli 2023 dan tidak mau ikut dalam Kejuaraan Asia di Iran.

Hal ini sebenarnya bukan karena sebab, ia menjelaskan bahwa ini dilakukan karena akan menunggui istrinya hingga melahirkan anak pertamanya.

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #dari #polisi #menjadi #atlet #pangkat #terakhir #rivan #nurmulki

KOMENTAR