Cara TNI AL Latih Pasukan Khusus, Harus Bisa Renang Tempur
Para Prajurit Satkopaska Koarmada III berlatih renang tempur pada Selasa (8/10). (Koarmada III)
20:56
9 Oktober 2024

Cara TNI AL Latih Pasukan Khusus, Harus Bisa Renang Tempur

- Komando Pasukan Katak (Kopaska) adalah salah satu pasukan khusus TNI AL yang punya reputasi tinggi. Untuk memastikan para prajurit Kopaska tetap dalam level terbaik, Satuan Kopaska (Satkopaska) Komando Armada (Koarmada) III menggelar latihan selam tempur pada Selasa (8/10). Latihan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Satkopaska Koarmada III Kolonel Laut (P) Robinson H. Etwiory.

Melalui keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Selasa (8/10) malam, Robinson menyampaikan bahwa latihan renang tempur yang dilakukan oleh prajurit Kopaska Koarmada III meliputi beberapa materi. Salah satu materi yang dilatihkan adalah penyelaman dengan menggunakan alat selam closed circuit. Menurut Robinson, alat selam tersebut biasa digunakan untuk mendukung misi infiltrasi ke daerah sasaran.

”Alat selam ini digunakan untuk mendukung infiltrasi dan surveillance bawah permukaan laut tanpa bisa dideteksi dari permukaan. Sehingga saat infiltrasi ke daerah musuh dalam penyusupan ke pantai pendaratan dalam operasi amphibi dapat dengan senyap dan tak terdeteksi musuh,” kata perwira menengah dengan tiga kembang di pundak itu.

Para Prajurit Satkopaska Koarmada III berlatih renang tempur pada Selasa (8/10). (Koarmada III)

Robinson mengungkapkan bahwa latihan renang tempur yang dilakukan oleh Satkopaska Koarmada III juga mencakup renang kompas bawah air atau combat diver. Combat diver merupakan teknik yang dimiliki oleh Kopaska TNI AL untuk menyelam tempur dan melaksanakan infiltrasi menggunakan alat bantu kompas. Bisanya mereka bergerak secara tim agar tepat sasaran ke titik tujuan.

Dia memastikan bahwa Satkopaska Koarmada III selalu berupaya mempertajam latihan dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan naluri tempur perorangan maupun tim.

”Untuk mewujudkan prajurit Satkopaska Koarmada III yang pejuang, tangguh, dan pemberani sesuai dengan slogan mereka. Yakni Tan Hana Wighna Tan Sirna atau Tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi,” pungkasnya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #cara #latih #pasukan #khusus #harus #bisa #renang #tempur

KOMENTAR