Pamer Momen Dinner buat Beri Sinyal ke PDIP: Jokowi Tak Mau Ditinggal Prabowo Pasca Lengser?
Prabowo Subianto dan Jokowi makan malam di Kawasan Senayan, Selasa (8/10/2024) malam. [Akun IG jokowi]
16:12
9 Oktober 2024

Pamer Momen Dinner buat Beri Sinyal ke PDIP: Jokowi Tak Mau Ditinggal Prabowo Pasca Lengser?

Momen pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi  dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Selasa (8/10/2024) kemarin dianggap bukan sekadar makan malam biasa.

Terkait hal itu, Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan menganggap jika pertemuan yang dibalut makan malam bersama menjadi sinyal bahwa keduanya masih punya hubungan baik di tengah wacana masuknya PDIP ke pemerintahan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka.

"Jokowi sedang memberi signal kepada PDIP bahwa Prabowo tidak akan meninggalkannya pasca lengser," kata Yusak kepada Rabu (9/10/2024).

Menurutnya, pertemuan keduanya membawa sinyal adanya keberlanjutan program-program pemerintahan. 

Baca Juga: Fedi Nuril Dicolek Akun Bocor Alus TEMPO usai Soroti Bantahan SBY Cawe-cawe Gelar Doktor AHY: Diajak Collab?

Presiden Jokowi menggunggah momen makan bersama Presiden terpilih, Prabowo Subianto lewat Instagram. (tangkapan layar/Instagram). Presiden Jokowi menggunggah momen makan bersama Presiden terpilih, Prabowo Subianto lewat Instagram. (tangkapan layar/Instagram).

"Soal apa yang dibahas, saya kira tidak menutup kemungkinan kalau keduanya juga membahas kabinet selain memastikan transisi pemerintahan berjalan lancar," ujarnya.

Melihat karakter Prabowo, Yusak berpandangan bahwa Prabowo akan tetap menjaga hubungan baik dengan Jokowi. Begitu juga, kata dia, Prabowo akan menjaga hubungan dengan PDIP.

"Jelang lengser, Jokowi tetap berkepentingan menaruh pengaruh kepada Prabowo dengan cara menitipkan orang-orang terdekatnya dalam kabinet prabowo. Jadi Jokowi tetap ingin menjaga faksinya di pemerintahan Prabowo," kata Yusak.

Pamer Momen Makan Malam Bersama

Jokowi sebelumnya turut mengunggah foto ketika dirinya sedang makan malam bareng Prabowo  di Hutan Kota by Platatan, kawasan Gelora Bung Karno, Selasa malam. Ada dua foto yang diunggah kepala negara lewat akun Instagram pribadinya. Dalam unggahannya itu, Jokowi mengaku jika berdikusi santai sembari menyantap makan malam bareng Prabowo. 

Baca Juga: Ngobrol Santai sambil Dinner Bareng Prabowo, Jokowi: Tak Terasa Dua Jam Lebih

"Diskusi santai sambil santap malam bersama Presiden Terpilih Pak @prabowo," tulis Jokowi dilihat Selasa.

Jokowi menyampaikan bahwa diskusi dan santap malam tersebut berlangsung selama dua jam lebih.

"Tidak terasa dua jam lebih," tulis Jokowi.

Pada hari ini,  Prabowo juga ikutan mengunggah foto makan malam bersama Jokowi. 

Melalui keterangan foto di akun Instagram miliknya, Prabowo mengaku turut berdiskusi soal kebangsaan dengan Jokowi sembari menyantap makan malam.

"Makan malam dan diskusi bersama Presiden @jokowi, kami saling bertukar pikiran berkaitan dengan kepentingan negara, bangsa dan rakyat Indonesia," tulis Prabowo dilihat Rabu (9/10/2024).

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #pamer #momen #dinner #buat #beri #sinyal #pdip #jokowi #ditinggal #prabowo #pasca #lengser

KOMENTAR