Gibran Akui Ada Siswa Alergi Menu Makan Bergizi Gratis, Apa Solusinya?
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming melakukan uji coba makan bergizi gratis di SMAN 70, Bulungan, Jakarta Selatan. (Foto dok. Pemprov)
15:12
9 Oktober 2024

Gibran Akui Ada Siswa Alergi Menu Makan Bergizi Gratis, Apa Solusinya?

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, mengakui masih adanya kendala dalam uji coba makan bergizi gratis yang dilaksanakan di berbagai daerah. Salah satunya adanya sejumlah siswa yang tak bisa menerima menu yang disajikan karena alergi.

Hal ini disampaikannya saat menyaksikan uji coba makan bergizi gratis di SMAN 70, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2024).

Oleh karena itu, Gibran mengaku akan memberikan perhatian pada menu makanan yang dibagikan. Siswa yang memiliki alergi pada jenis lauk tertentu maka diberikan menu lain.

"Dan terkait alergi dan segala macam ini memang saya temui di beberapa sekolah. Dan sekali lagi untuk anak-anak yang memiliki alergi, saya sendiri punya alergi, ini nanti akan ada atensi khusus," ujar Gibran.

Baca Juga: Ketum HIPMI Sebut Makan Bergizi Gratis Ciptakan Multiplier Efek

Gibran menyebut uji coba makan bergizi gratis sudah dijalankan tiga bulan. Mengenai adanya alergi pada menu yang disajikan, putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi ini menyebut hal itu tak terlalu berdampak pada berjalannya program.

"Menunya dibedakan dan itu tidak masalah. Sudah kami jalankan tiga bulan ini di beberapa kota. Dan memang menunya harus menyesuaikan muridnya masing-masing," jelasnya.

"Jadi nanti murid-murid yang sekiranya punya alergi, alergi telur atau ikan, nanti menunya dibedakan. Jadi kita ingin semuanya bisa menerima manfaat dari program ini," lanjutnya menambahkan.

Kejadian adanya siswa alergi pada menu makanan bergizi gratis ini juga terjadi saat uji coba di salah satu SMP di Jakarta. Saat itu, ada sejumlah siswa yang tak bisa memakan lauk jenis telur.

Menyiasati hal ini, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono menyebut pihaknya sudah menyiapkan 10 paket makanan dengan jenis menu lain yang tak mengandung telur.

Baca Juga: Minta Rakyat Bergerak Lengserkan Gibran pada 21 Oktober karena Skandal Fufufafa, Seruan Amien Rais Disorot: Makar?

"Seperti kemarin ada di SMP, mereka tidak suka telur ya. Menunya mungkin 10 box kita siapkan, menu yang memang kita sesuaikan dengan anak-anak. Itu tidak masalah," pungkasnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #gibran #akui #siswa #alergi #menu #makan #bergizi #gratis #solusinya

KOMENTAR