Spesifikasi Kapal Fregat Merah Putih, Kapal Perang RI Buatan Dalam Negeri
Kemhan dan PT PAL Tanda Tangan berita acara terkait pembangunan Fregat Merah Putih. (PT PAL Indonesia)
19:40
8 Oktober 2024

Spesifikasi Kapal Fregat Merah Putih, Kapal Perang RI Buatan Dalam Negeri

- Dua kapal Fregat Merah Putih yang dibangun di galangan PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur bukan kapal sembarangan. Selayaknya fregat kebanyakan, Fregat Merah Putih diproyeksi menjadi kapal perang berdaya serang tinggi.

Nantinya Fregat Merah Putih tidak hanya menjadi kapal baru bagi TNI AL, melainkan akan menjadi armada tempur dengan sistem persenjataan canggih. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Berdasar data dan informasi dari laman resmi PT PAL Indonesia, Fregat Merah Putih akan mengandalkan main engine yang mampu memacu kapal perang tersebut sampai kecepatan 28 knot. Kapal Fregat Merah Putih nantinya juga akan dilengkapi dengan diesel generator dan bow thruster untuk menunjang kebutuhan manuver. Pembangunan kapal tersebut diperkirakan memakan waktu lima sampai enam tahun atau setara 69 bulan.

”Kapal Fregat Merah Putih juga akan dilengkapi dengan rudal sebagai bentuk sistem pertahanan udara. Spesifikasinya yakni peluncur rudal vertikal jarak sedang, peluncur rudal vertikal ke udara dengan jarak jauh, dan peluncur rudal ke permukaan dengan jarak jauh yang akan dilakukan proses pemasangan dengan sistem Fit For But Not With,” terang PT PAL Indonesia dalam keterangan resmi.

Selain sistem senjata, kapal Fregat Merah Putih juga dibangun dengan desain terkini. Kapal itu dibangun dengan panjang mencapai 140 meter dan lebar mencapai 19,75 meter. Berat muatan penuh kapal tersebut mencapai 6.626 ton.

Kapal perang itu dirancang untuk membawa 143 personel. Untuk ketahananan berlayarnya, Fregat Merah Putih bisa bertahan sampai 21 hari dalam pelayaran dengan jarak jelajah mencapai sembilan ribu nautical mile.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #spesifikasi #kapal #fregat #merah #putih #kapal #perang #buatan #dalam #negeri

KOMENTAR