Polri Perpanjang Masa Kerja Satgas Damai Cartenz di Papua, Kedepankan Upaya Humanis dan Persuasif
Tim Satgas Damai Cartenz saat melakukan brifing terkait operasi penegakan hukum di Papua. (Satgas Damai Cartenz )
06:24
10 Januari 2024

Polri Perpanjang Masa Kerja Satgas Damai Cartenz di Papua, Kedepankan Upaya Humanis dan Persuasif

- Kepala Bagian (Kabag) Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Erdi A. Chaniago mengatakan, Polri kembali memperpanjang operasi Satgas Damai Cartenz. Keputusan ini diambil sebagai upaya menjaga stabilitas kamtibmas Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Papua.

"Operasi Damai Cartenz akan diperpanjang terhitung mulai dari 1 Januari hingga 31 Desember 2024," kata Erdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/1).

Erdi A. Chaniago menjelaskan, operasi Damai Cartenz masih menerapkan pola kerja seperti tahun-tahun sebelumnya. Yakni dengan mengedepankan upaya humanis dan persuasif.

"Operasi Damai Cartenz mengedepankan fungsi pembinaan masyarakat, deteksi, dan hubungan masyarakat didukung satuan tugas penegakan hukum," ungkapnya.

Erdi menyampaikan, Operasi Damai Cartenz 2024 dilaksanakan di wilayah Polda Papua dengan sasaran prioritas terutama di wilayah Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan. Total ada 9 wilayah yang menjadi ousat operasi.

"Sasaran prioritas terutama di Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Jaya Wijaya dan Jayapura," pungkas Erdi A. Chaniago.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #polri #perpanjang #masa #kerja #satgas #damai #cartenz #papua #kedepankan #upaya #humanis #persuasif

KOMENTAR