Pramono Targetkan Jakarta Masuk 50 Besar Kota Global dalam 5 Tahun
Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Pramono Anung dan Rano Karno mengikuti debat pertama pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
08:32
7 Oktober 2024

Pramono Targetkan Jakarta Masuk 50 Besar Kota Global dalam 5 Tahun

- Calon Gubernur nomor urut 3 Pramono Anung menargetkan Jakarta masuk dalam 50 besar kota global dalam 5 tahun. Menurutnya, Global Index Jakarta saat ini berada di urutan 74 dari 156 kota, jauh berada di bawah Singapura yang berada di urutan 7 sementara untuk nomor 1 ditempati oleh New York.   "Average ini jauh. Tapi benchmark kita harus Bangkok. Bangkok itu nomor 47 kalau gak salah. Tapi kita lebih baik dari Manila, lebih baik dari Hanoi, dan sebagainya," ujar Pramono.   Untuk mencapai posisi 50 besar dalam kota global dunia, menurut Pramono, ada sejumlah langkah yang harus disiapkan. Pertama adalah aktivitass bisnisnya harus terbuka dan jelas. Selain itu, sumber daya manusianya harus diperbaiki dan harus ada dukungan politik.   Kemudian yang tidak kalah penting, sambung Pramono, adalah teknologinya juga harus diperbaiki dan transparansi. "Dan saya yakin kalau ukuran itu bisa dipenuhi, Jakarta mudah-mudahan menjadi di atas average," ucap Pramono.  

  Untuk itu, Pramono menegaskan, jika ia terpilih akan menyelesaikan masalah-masalah mendasar yang ada di Jakarta. "Sehingga sumber daya manusia yang 30 persen penilaiannya itu akan menjadi sesuatu yang berubah dari Jakarta. Termasuk perizinan," tandasnya.    

Editor: Kuswandi

Tag:  #pramono #targetkan #jakarta #masuk #besar #kota #global #dalam #tahun

KOMENTAR