Soal Tom Lembong Beri Contekan ke Jokowi, Luhut: Anda Jangan Geer
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok. JawaPos.com)
21:32
24 Januari 2024

Soal Tom Lembong Beri Contekan ke Jokowi, Luhut: Anda Jangan Geer

- Co Captain Timnas Capres dan Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) Thomas Lembong atau Tom Lembong, mengungkapkan pernah memberi contekan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 7 tahun. Utamanya, saat dia menjabat sebagai Mantan Menteri Perdagangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).   Terkait itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara. Luhut meminta Tom Lembong tidak geer terkait itu, pasalnya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi justru lebih banyak memberikan contekan untuk Presiden Jokowi.   "Anda jangan geer juga, bilang kasih note kepada ayahnya Mas Gibran, emang hanya Tom Lembong aja? Yang paling banyak kasih note kepada presiden itu adalah Menlu, Ibu Retno," kata Menko Luhut melalui video unggahan di akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Rabu (24/1).  

  Lebih lanjut, Luhut juga mengatakan sudah menjadi kelaziman apabila seorang staf memberikan catatan atau contekan kepada pimpinannya. Apalagi, jika pimpinan sedang ada dalam forum bilateral kenegaraan.   "Karena setiap bilateral ya beliau yang kasihkan itu. Dan itu bukan terjadi pada Presiden Jokowi saja. Semua kepala negara itu kalau bilateral pasti ada yang kasih note di belakang itu," lanjutnya.   Menko Luhut menegaskan, langkah yang dilakukan Tom Lembong itu bukanlah suatu kehebatan khusus. Hal itu justru hal yang normal, terlebih saat itu Tom Lembong bertugas sebagai pembantu presiden, yakni Menteri Perdagangan dan Kepala BKPM.   "Apakah karena anda hebat melakukan itu? Tidak. Itu tugas anda sebagai pembantu presiden, sebagai Menteri Perdagangan waktu itu, sebagai kepala BKPM," tegas Luhut.  

  "Waktu BPKM apa yang dilakukan coba, anda kan ditugaskan untuk Online Single Submission (OSS), saya ingat betul itu bagaimana anda curhat ke saya. Tapi sampai anda meninggalkan kabinet tidak pernah selesai sekarang, OSS yang sudah digadang-gadang bakal selesai," imbuhnya.   Luhut meminta jangan lagi mengungkit masa yang sudah selesai. Luhut mengatakan semua yang dikerjakan bukan hasil Tom Lembong sendiri, tapi kerja bersama.   "Saya ingin sampaikan kita sudah lah, kalau sudah selesai masa kita, sudah semua ada waktunya, tidak perlu kita ceritakan kita yang paling bagus karena kita, tidak, semua itu hasil kerja tim work," ujarnya.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #soal #lembong #beri #contekan #jokowi #luhut #anda #jangan #geer

KOMENTAR