Dari Penerangan Jalan Hingga Pengisian Kendaraan Listrik, Inilah Kecanggihan Smart Pole IKN
Smart Pole [Net]
19:56
3 Oktober 2024

Dari Penerangan Jalan Hingga Pengisian Kendaraan Listrik, Inilah Kecanggihan Smart Pole IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur kini terus bertransformasi, dengan hadirnya berbagai macam Gedung-gedung pencakar langit hingga transportasi yang smart dan modern.

IKN kini juga akan menghadirkan fasilitas luar biasa berupa tiang Listrik modern. Tiang Listrik ini bahkan disebut dapat membantu masyarakat menemukan arah.

PT Telkom Indonesia melalui anak usahanya, PT PINS Indonesia berkolaborasi dengan PT CHT INFINITY Indonesia mendirikan tiang Listrik tersebut.

Dalam Bahasa ilmiahnya yaitu Tiang cerdas (Smart Pole). Fasilitas cerdas ini akan menjadi fasilitas pertama di IKN.

Baca Juga: Ignatius Haryanto Jelaskan Homeless Media, Masa Depan Industri Tanpa Platform Tradisional

Smart Pole yang sudah terpasang di IKN direalisasikan di Sumbu Barat Istana Presiden, pada 16 Agustus 2024 lalu.

Smart Pole ini dirancang untuk menyematkan beragam fitur modern, termasuk lampu PJU Pintar, sistem pengawasan video, pemantau cuaca, jaringan seluler 4G/5G, akses wifi hotspot, digital signage, serta stasiun pengisian kendaraan Listrik (EV charging station).

CEO PINS, Roberto Surya Negara mengatakan bahwa tujuan pendirian dari tiang cerdas ini adalah untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang cerdas, aman dan ramah lingkungan

Smart Pole ini tidak hanya berfungsi sebagai penerangan jalan saja, namun juga berkontribusi pada peningkatan keamanan lingkungan dan kualitas hidup Masyarakat.

Teknologi yang digunakan yaitu gabungan Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI), yang dikenal sebagai Artificial Intelligence of Things (AIoT).

Baca Juga: KIM Percaya diri Prabowo Lanjutkan IKN, Warganet: Mangkrak, Jadi Kota Hantu

Ini berarti tiang cerdas tersebut dapat beradaptasi dan memberikan informasi serta layanan secara otomatis berdasarkan analisis data yang didapat.

Dengan segala fitur yang canggih, Tiang cerdas ini diharapkan dapat menjadi fondasi bagi pengembangan infrastruktur kota cerdas yang lebih luas di IKN.

Kontributor : Kanita

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #dari #penerangan #jalan #hingga #pengisian #kendaraan #listrik #inilah #kecanggihan #smart #pole

KOMENTAR