Bahas Transformasi Media Lokal, Local Media Summit 2024 Resmi Digelar
Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Head of Cooperation EU Delegation to Indonesia & Brunei Darussalam, Thibaut Portevin, dan Country Manager International Media Support (IMS) Eva Damayanti foto bersama pada acara Local Media Summit (LMS) 2024 di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (2/10/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
07:44
3 Oktober 2024

Bahas Transformasi Media Lokal, Local Media Summit 2024 Resmi Digelar

Suara.com berkolaborasi dengan International Media Support (IMS) kembali menggelar Local Media Summit (LMS) yang dilaksanakan di Hotel Sultan Senayan, Jakarta pada 2-3 Oktober 2024.

Tahun ini, LMS 2024 mengusung tema "Technological Transformation in Local Media: Serving the Audience Tomorrow" dan dihadiri berbagai peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk yang juga Pemimpin Redaksi Suara.Com, Suwarjono, mengatakan acara ini digelar bertujuan untuk memperkuat ekosistem media di Indonesia dan mengajak media lokal untuk beradaptasi dengan teknologi guna tetap relevan di era digital.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya media lokal untuk tetap beradaptasi di tengah disrupsi digital yang terus mengubah lanskap media secara fundamental.

Baca Juga: Meski Tengah Kaji, Pengusaha Tetap Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Polos Tanpa Merek

“Sekalipun teknologi kini berkembang dengan cepat, media sudah harus memanfaatkan teknologi tambahan seperti AI,” ucapnya.

IMS Programme Country Manager Indonesia, Eva Danayanti menambahkan bahwa media lokal penting untuk beradaptasi secara teknologi agar tetap relevan dalam melayani komunitasnya dan memastikan jurnalisme berkualitas.

“Teknologi tidak hanya menjadi alat untuk memperluas jangkauan audiens, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas jurnalisme,” terangnya.

Suwarjono juga mengatakan penting bagi media lokal untuk memahami preferensi audiens, terutama generasi muda yang cenderung mengonsumsi berita secara berbeda.

Merangkul kemajuan teknologi juga menjadi hal yang krusial untuk media lokal agar dapat terus bertahan dan berkembang di era digital ini.

Baca Juga: Local Media Summit 2024 Resmi Digelar, Bahas Strategi Bertahan di Era Digital

“Saya berharap acara ini akan menjadi wadah kolaborasi antar media lokal, pengelola media, praktisi media, dan berbagai pemangku kepentingan dari sektor bisnis, pemerintahan, hingga platform internet,” ungkapnya.

Gelaran Local Media Summit 2024 sendiri didukung oleh banyak pihak, diantaranya pemerintahan Norwegia, Uni Eropa, serta para sponsor seperti Astra, PLN, dan Google.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #bahas #transformasi #media #lokal #local #media #summit #2024 #resmi #digelar

KOMENTAR