Cek Fakta: Roberto Mancini Tertawakan Hasil Imbang Australia vs Indonesia
Wajah tegang Roberto Mancini saat memimpin latihan Timnas Arab Saudi jelang melawan Timnas Indonesia (Foto: X/@UpdateBolabola)
13:56
29 September 2024

Cek Fakta: Roberto Mancini Tertawakan Hasil Imbang Australia vs Indonesia

Sebuah unggahan salah satu akun YouTube memberikan informasi bahwa Pelatih Arab Saudi Roberto Mancini turut memberikan komentar terkait hasil imbang Timnas Indonesia vs Australia.

Roberto Mancini dalam unggahan itu turut tertawakan hasil imbang Timnas Indonesia vs Australia, pada kualifikasi Piala Dunia.

Berikut Narasinya:

“Mancini Tertawa,,,,Tau Australia imbang Juga,, Reaksi Pelatih Arab Saudi Mengejutkan Publik”

Baca Juga: Mees Hilgers Tunjukkan Keanehan Jelang Sumpah WNI, Bisa Debut di Timnas Indonesia vs Bahrain?

“Gue bilang juga apa. Kemarin mancini dihujat sekarang Australia taukan kekuatan Indonesia. Mancini Tertawakan Hasil Imbang Australia. Publik akhirnya setuju jika ucapan Mancini benar adanya.”

Namun Benarkah Informasi tersebut?

Penjelasan:

Setelah dilakukan penelusuran oleh Tim Cek Fakta Suara.com, melansir dari berbagai sumber, sebuah unggahan YouTube membagikan informasi yang menyebut bahwa pelatih Arab Saudi, Roberto Mancini ikut berkomentar setelah hasil imbang pertandingan Indonesia vs Australia.

Disebutkan juga bahwa Mancini menertawakan Australia karena hasil imbang tersebut.

Baca Juga: 3 Syarat Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia U-20 2025

Cek Fakta: Roberto Mancini Tertawakan Hasil Imbang Australia vs Indonesia [Ist]Cek Fakta: Roberto Mancini Tertawakan Hasil Imbang Australia vs Indonesia [Ist]

Setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber dari pemberitaan valid yang mengabarkan komentar Mancini atas hasil imbang yang diterima Australia setelah melawan Indonesia tersebut.

Penelusuran oleh AFP yang menampilkan Mancini dalam video tersebut, ditemukan video dari saluran media asal Pakistan, Sports Side yang sudah terpublikasi sejak 7 Juni 2024 atau 3 bulan sebelum pertandingan Indonesia vs Australia dengan hasil imbang.

Video tersebut merupakan konferensi pers Mancini setelah pertandingan Arab Saudi vs Pakistan pada 6 Juni 2024.

Dengan demikian, Mancini mengomentari hasil imbang Australia vs Indonesia adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

Kesimpulan:

Faktanya video konferensi pers tersebut dilakukan setelah pertandingan timnas yang dilatihnya melawan Pakistan pada Juni 2024. Selain itu, juga tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan adanya komentar dari Mancini terkait pertandingan Australia vs Indonesia. Jadi unggahan itu merupakan informasi menyesatkan atau berita hoaks.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #fakta #roberto #mancini #tertawakan #hasil #imbang #australia #indonesia

KOMENTAR