Jokowi: IKN Bukan Proyek Presiden, tapi Keputusan Seluruh Rakyat Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Rakornas Baznas 2024 di Istana Garuda IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (25/9). (Biro Setpres)
08:32
26 September 2024

Jokowi: IKN Bukan Proyek Presiden, tapi Keputusan Seluruh Rakyat Indonesia

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur merupakan keputusan bersama seluruh rakyat Indonesia. Sebab, pembangunan IKN berdasarkan izin dan disepakati mayoritas fraksi di DPR RI.

"Sebuah keputusan yang tidak mudah tetapi itulah yang sudah kita putuskan, kita juga izin kepada DPR. Saya menyampaikan lisan di dalam rapat paripurna tanggal 16 Agustus, kemudian diikuti dengan pengajuan Undang-Undang mengenai Ibu Kota Nusantara, dan itu disetujui 93 persen dari fraksi yang ada di DPR," kata Jokowi saat membuka Rakornas Baznas 2024 di Istana Garuda IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (25/9).

Jokowi menegaskan, keputusan pemindahan ibu kota ke IKN, bukan hanya keputusan presiden. Tetapi juga keputusan seluruh rakyat Indonesia.

"Jangan ada sebuah kekeliruan persepsi bahwa ini adalah proyeknya Presiden Jokowi, bukan. Itu sudah melalui tahapan-tahapan yang baik dalam kita berbangsa dan bernegara," tegas Jokowi.

Jokowi menegaskan, pemindahan ibu kota ke IKN, bukan hanya ingin pindah fisik atau gedung. Melainkan ingin menghadirkan simbol tonggak peradaban bangsa sejak kemerdekaan, sehingga mampu tercipta pola pikir baru, dan cara kerja yang baru.

"Dengan sistem yang dibangun sejak awal, karena bangunan-bangunan juga dibangun dengan perencanaan mulai dari nol, mestinya sistemnya kita bangun dengan baik, mulai dari nol," ucap Jokowi.

Karena itu, Jokowi mengharapkan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN seluruh sistemnya sudah siap dilaksanakan.

"Karena dalam kompetisi global kompetisi antarnegara sekarang ini negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat, bukan negara yang besar mengalahkan negara yang kecil, bukan negara yang maju mengalahkan negara berkembang, tapi negara cepat akan mengalahkan negara yang lambat dan kita ingin menjadi negara yang cepat," pungkas Jokowi.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jokowi #bukan #proyek #presiden #tapi #keputusan #seluruh #rakyat #indonesia

KOMENTAR