Peringatan Maulid Nabi, Wamenag Ajak Pejabat Negara Teladani Akhlak Rasul
Wamenag Saiful Rahmat Dasuki. (Dok. Kemenag)
17:24
24 September 2024

Peringatan Maulid Nabi, Wamenag Ajak Pejabat Negara Teladani Akhlak Rasul

- Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024. Peringatan itu dihadiri Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki dan diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag.

Dengan momentum Peringatan Maulid 2024, Saiful Rahmat Dasuki mengajak seluruh ASN untuk meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan tugas sebagai pelayan publik. “Jika Anda menjadi ASN atau pejabat publik, jadilah yang berakhlak, rendah hati, menghormati orang lain, toleransi, dan sebagainya,” ujar Saiful Rahmat Dasuki di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag, Jakarta, Senin (23/9).

Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 mengusung tema “Pesan Damai Rasulullah, Menguatkan Karakter Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Saiful menjelaskan, akhlak mulia yang diajarkan Rasulullah SAW adalah fondasi yang harus diikuti oleh setiap Muslim, termasuk dalam dunia birokrasi. Dengan meneladani akhlak tersebut, para ASN dapat menjaga integritas, membangun bangsa, serta memperkuat kerukunan.

“Rasulullah diutus untuk menyempurnakan akhlak, dan ini harus kita wujudkan, bukan hanya dalam kehidupan pribadi, tapi juga dalam peran kita sebagai pelayan masyarakat,” tambahnya.

Menurut Saiful, kesuksesan tidak hanya diukur dari prestasi profesional semata, tetapi juga dari upaya seseorang menjaga etika dan moralitas. Hal ini terlihat dalam berbagai bidang, termasuk dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Sebagaimana diketahui dari survei Badan Pusat Statistik (BPS), indeks kepuasan jamaah haji mencapai 88,20 persen.

“Gus Fahrur (pembawa hikmah maulid) menyaksikan langsung kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Kategorinya sangat memuaskan. Bukti nyata bahwa akhlakul karimah diwujudkan di berbagai aspek kehidupan, termasuk posisi kita sebagai pelayan publik,” tandasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #peringatan #maulid #nabi #wamenag #ajak #pejabat #negara #teladani #akhlak #rasul

KOMENTAR