Kronologi Lengkap Pilot Susi Air Ditangkap OPM Kini Telah Bebas, Simak Video Before-After
pilot Susi Air, Philip Mark Merthens disandera TPNPB-OPM, Kronologi Lengkap Pilot Susi Air Ditangkap OPM Kini Telah Bebas, Simak Video Before-After (Ist)
16:12
23 September 2024

Kronologi Lengkap Pilot Susi Air Ditangkap OPM Kini Telah Bebas, Simak Video Before-After

Philip Mehrtens pilot Susi Air akhirnya dibebaskan usai disandera pasukan OPM (Organisasi Papua Merdeka) selama 19 bulan atau 1,5 tahun.  Nah untuk selengkapnya, berikut ini kronologi lengkap pilot Susi Air ditangkap OPM kini telah bebas.

Diketahui bahwa Philip Mehrtens ini merupakan pria berusia sekitar 38 tahun yang berasal dari Selandia Baru. Philip tercatat sebagai pilot terbaik di Susi Air. Philip ini tercatat sudah bekerja selama 10 tahun di Susi Air.

Namun 1,5 tahun lalu, Philip dikabarkan ditangkap oleh pasukan OPM saat sedang mengoperasikan pesawat Susi Air di kawasan Papua. Nah untuk lebih jelasnya, simak berikut ini kronologi lengkap pilot susi air ditangkap OPM kini telah bebas.

Kronologi Pilot Susi Air Ditangkap OPM

Philip menjadi korban penyanderaan oleh OPM sejak tanggal 7 Februari 2023. Saat itu, Philip sedang menjalankan pesawat Susi Air di Papua. OPM lantas menangkap Philip sebagai bentuk protes ke pemerintah Indonesia dan menuntut kemerdekaan Papua.

Baca Juga: Skandal di Balik Pembebasan Pilot Susi Air? Jubir TPNPB Sebut Ada Suap Hingga Kepentingan Pilkada

Penyanderaan Philip berlangsung 1,5 tahun atau 19 bulan. Sampai akhirnya pada pada 21 September 2024, Philip berhasil bebas.

Pilot Susi Air Akhirnya Bebas

Usai bebas, Philip dijemput tim gabungan TNI-Polri di Kampung Yuguru untuk kemudian diterbangkan ke Timika.

Setibanya di Timika, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Bayu Suseno menyampaikan i Philip dalam kondisi sehat. Namun Philip akan tetap melakukan pemeriksaan medis, terutama untuk psikologis Philip

“Kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat,"  tutur Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Bayu Suseno

Usai berhasil bebas, Philip pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang membantunya untuk bebas dari OPM. Ia juga menyampaikan bahwa dirinya dalam kondisi sehat. Saat ini Philip sudah tiba di Jakarta.

Baca Juga: Dibebaskan OPM Setelah Tersandera 19 Bulan, Ini Profil Lengkap Philip Mehrtens

"Terima kasih, semua orang yang bantu. Hari ini jadi saya bisa keluar dengan kondisi yang sama dan sehat. Terima kasih banyak semuanya," ujar Philip.

Sebagai informasi tambahan, Philip telah didampingi rekan sesama pilot Susi Air, yakni Kapten Hafiz. Pihak Mabes Polri menyampaikan bahwa mereka akan menindaklanjuti perihal kepulangan Philip ke kampung halamannya yaitu Selandia Baru.

Demikian ulasan mengenai kronologi lengkap pilot Susi Air ditangkap OPM kini telah bebas dan akan segera dipulangkan ke Selandia Baru. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #kronologi #lengkap #pilot #susi #ditangkap #kini #telah #bebas #simak #video #before #after

KOMENTAR