Cek Fakta: KPK Kelabakan, PPATK Buktikan Aliran Dana Kaesang
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. [Instagram]
13:52
23 September 2024

Cek Fakta: KPK Kelabakan, PPATK Buktikan Aliran Dana Kaesang

Beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah membuktikan aliran dana Kaesang Pangarep. Narasi tersebut disampaikan dalam sebuah video yang tayang pada 4 September 2024.

Berikut narasi yang disampaikan:

Berita Terkini – KPK KELABAKAN,BENARKAH PPATK SIAP BERIKAN BUKTI JET KAESANG ?

BREAKING NEWS
PARAH KPK KELABAKAN!
PPATK BUKTIKAN ALIRAN DANA KAESANG

Baca Juga: Cek Fakta: Donald Trump Ditempeleng saat Berpidato

Benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Setelah dilakukan pengecekan fakta oleh Suara.com, diketahui bahwa gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut adalah hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda. Cuplikan video yang ditampilkan juga tidak sesuai dengan klaim narasi.

Dalam video tersebut hanya dibacakan ulang artikel dari tribunnews.com berjudul “PSI Sebut Kaesang Sudah Berada di Jakarta Sejak 28 Agustus, Sempat Pimpin Rapat Persiapan Pilkada”.

Artikel tersebut membahas tentang Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengatakan bahwa Ketum PSI Kaesang Pangarep saat ini sudah berada di Jakarta dan sempat memimpin rapat koordinasi finalisasi dukungan Pilkada.

Baca Juga: Hana Saraswati Resmi Menikah, Nikita Mirzani Ditonjok Lolly

Dibcakan juga artikel dari tempo.co dengan judul “Sekjen PSI Sebut Kaesang Sudah Pulang dari Amerika dan Ada di Jakarta”. Dalam artikel ini juga membahas terkait Sekretaris Jenderal PSI yang mengatakan Ketua Umum Kaesang Pangarep sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus 2024 lalu setelah pulang dari Amerika Serikat.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi dengan klaim PPATK buktikan aliran dana Kaesang tidak terbukti kebenarannya. Narasi tersebut teramasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #kelabakan #ppatk #buktikan #aliran #dana #kaesang

KOMENTAR