Hari Pendidikan Internasional 2024, Berikut Latar Belakang, Tema, dan Tujuan UNESCO untuk Perdamaian
Gambar Markas Besar UNESCO (jewishboston.com) (1)
06:24
23 Januari 2024

Hari Pendidikan Internasional 2024, Berikut Latar Belakang, Tema, dan Tujuan UNESCO untuk Perdamaian

- Hari Pendidikan Internasional yang diperingati setiap tanggal 24 Januari, telah menjadi ketetapan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Melalui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Peringatan Hari Pendidikan Internasional dimaksudkan untuk merayakan peran pendidikan bagi perdamaian dan pembangunan.

Hal tersebut tidak lepas dari peran penting pendidikan untuk mencapai kesetaraan gender, hingga memutus siklus kemiskinan yang membuat anak-anak, remaja, dan orang tua tertinggal.

Dilansir dari unesco.org, sebanyak 250 juta anak dan remaja mengalami putus sekolah. Sedangkan 763 juta orang dewasa mengalami buta huruf.

Hal tersebut terjadi karena hak atas pendidikan yang dilanggar. Oleh karena itu, melalui perayaan Hari Pendidikan Internasional keenam di tahun 2024 ini, UNESCO mengangkat tema “Learning for Lasting Peace”.

Tema Hari Pendidikan Internasional 2024

Secara harfiah, tema “Learning for Lasting Peace” dapat diartikan “Belajar untuk Perdamaian Abadi”.

Tema tersebut dipilih karena konflik kekerasan yang melonjak dan meningkatnya diskriminasi, rasisme, ujaran kebencian, dan xenofobia.

Dampak konflik tersebut tidak hanya terbatas pada letak geografis, gender, ras, agama, politik, baik dilakukan secara langsung maupun melalui media online.

Oleh karena itu, yang mendesak untuk segera dilakukan UNESCO yaitu, ikut secara aktif terhadap perdamaian.

Melalui tema tersebut, suatu pembelajaran harus bersifat transformatif untuk mewujudkan perdamaian.

Selain itu, dapat memberdayakan peserta didik melalui pengetahuan, sikap, nilai-nilai, keterampilan, bahkan perilaku yang dibutuhkan sebagai agen dari perdamaian, khususnya di komunitas mereka sendiri.

Hari Pendidikan Internasional tahun 2024 ini, UNESCO mendedikasikan untuk menyorot peran pendidikan dan guru untuk melawan ujaran kebencian.

Hal tersebut tidak terlepas dari fenomena yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yang merusak tatanan masyarakat melalui media sosial.

Perayaan Hari Pendidikan Internasional 2024

Dalam perayaan Hari Pendidikan Internasional, UNESCO menyelenggarakan satu hari dialog perihal pendidikan untuk perdamaian, di Markas Besar PBB New York, United States of America.

Perayaan tersebut akan berlangsung pada tanggal 24 Januari 2024, yang akan dimulai dari pukul 10.00 hingga 13.00 Waktu New York.

Melalui peringatan Hari Pendidikan Internasional, UNESCO akan memobilisasi berbagai golongan, mulai dari anggota, badan-badan, serta program PBB.

Tidak hanya itu, LSM-LSM yang memiliki afiliasi dengan PBB dan berkomitmen dengan pendidikan untuk perdamaian, guru, pemangku kepentingan, para pemuda, dan organisasi dari UNESCO bersama Group of Friends for Education and Lifelong Learning, yang berkolaborasi dengan PBB.

Tujuan

Mengadvokasi sebagai upaya memusatkan pendidikan untuk perdamaian. Hal tersebut sesuai dengan target Sustainable Development Goals for Education (SDG 4) Target 4.7 melalui upaya pendidikan global yang memiliki tujuan untuk membangun perdamaian dan mempertahankan perdamaian;

Serta merayakan kontribusi dari pembuat perdamaian melalui pendidikan untuk menuju masyarakat yang adil, damai, dan inklusif;

Selain itu, melalui perayaan tersebut, akan mendiskusikan prioritas dan tantangan pendidikan untuk perdamaian abadi serta kewarganegaraan global;

Meningkatkan kesadaran terhadap pendekatan yang efisien dan efektif di dalam pendidikan perdamaian, serta memobilisasi komitmen untuk dapat diimplementasikan;

Memperkokoh komitmen untuk menghapuskan atau mengakhiri ujaran kebencian dan melakukan promosi atas kewarganegaraan digital melalui pendidikan.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #hari #pendidikan #internasional #2024 #berikut #latar #belakang #tema #tujuan #unesco #untuk #perdamaian

KOMENTAR