BNPT Apresiasi Kolaborasi Aparat TNI dan Polri Bebaskan Pilot Susi Air
Pilot Selandia Baru Phillip Mehrtens (tengah), yang diculik oleh pemberontak di wilayah Papua yang bergolak di Indonesia pada Februari tahun lalu, berbicara dalam konferensi pers setelah pembebasannya di Timika, Papua Tengah pada 21 September 2024. 
12:41
22 September 2024

BNPT Apresiasi Kolaborasi Aparat TNI dan Polri Bebaskan Pilot Susi Air

- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Irjen Pol. Eddy Hartono, memberikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan TNI-Polri dalam pembebasan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens pada Sabtu (21/9/2024). 

"BNPT mengapresiasi langkah kolaboratif yang ditempuh jajaran TNI-Polri dan juga seluruh komponen yang terkait dalam upaya pembebasan pilot pesawat Susi Air,"katanya Eddy dalam pernyataannya yang diterima Tribun, Minggu(22/9/2024).

Kepala BNPT menyampaikan keberhasilan tersebut merupakan hasil dari kesabaran aparat dan pemerintah dalam melakukan negosiasi yang berjalan panjang dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua dengan mengedepankan pendekatan kemanusiaan.

"Ini merupakan buah kesabaran aparat dalam melakukan negosiasi yang panjang untuk mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan," ungkapnya. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengatakan jika proses negosiasi yang dilakukan Satgas Operasi Damai Cartenz TNI-Polri berlangsung sangat panjang dan dikawal dari waktu ke waktu.

"Proses negosiasi yang sangat panjang ini dilakukan oleh satgas dari TNI-Polri yang terus dari waktu ke waktu, dari hari ke hari memantau perkembangan di wilayah Nduga, dan kita bersyukur apa yang kita inginkan di lapangan bisa berjalan dengan baik," kata Hadi dalam konferensi pers di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta kemarin.

Menko Hadi menyampaikan jika  proses negosiasi dalam upaya pembebasan pilot asal Selandia Baru tersebut melibatkan banyak pihak mulai dari tokoh masyarakat hingga gereja.

"Namun dalam proses negosiasi saya perlu sampaikan bahwa keterlibatan tokoh adat, keterlibatan tokoh masyarakat, keterlibatan gereja, semua sangat mempengaruhi dalam proses pembebasan ini," ujarnya.

Pilot Philip Mark Mehrtens disandera KKB yang dipimpin oleh Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023 lalu.

Kapten Philip diculik KKB usai pesawat milik maskapai Susi Air yang dipilotinya dibakar di Lapangan Terbang Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #bnpt #apresiasi #kolaborasi #aparat #polri #bebaskan #pilot #susi

KOMENTAR