Begini Cara Pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens Bisa Bebas dari Penyanderaan KKB Papua Selama 1,5 Tahun
Pilot Susi Air Kapten Phillip Mark Mehrtens (kiri) saat melakukan video call bersama keluarga di Bali dari Timika, Papua Tengah, Sabtu (21/9/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Papua)
15:40
21 September 2024

Begini Cara Pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens Bisa Bebas dari Penyanderaan KKB Papua Selama 1,5 Tahun

- Pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens akhirnya bebas setelah 1,5 tahun disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga Pimpinan Egianus Kogoya. Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani menyebutkan bahwa pembebasan Pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens menggunakan soft approach atau pendekatan lembut yang dilakukan Pemerintah Indonesia.

Faizal menerangkan, setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut, akhirnya membuahkan hasil yang gemilang. Dan, hari ini, Sabtu (21/9), Pilot Philip Mark Mehrtens berhasil dijemput oleh tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Seperti diketahui, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens dibebaskan setelah disandera KKB Papua Wilayah Nduga Pimpinan Egianus Kogoya selama 1,5 tahun. "Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya," terang Faizal seperti dilansir Ceposonline.com (Jawa Pos Group).

"Pendekatan seperti ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" imbuh Faizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/9).

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Dr. Bayu Suseno menjelaskan bahwa Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" beber Bayu.

Setibanya di Timika, Philip Mark Mehrtens langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologisnya dalam keadaan stabil.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #begini #cara #pilot #susi #philips #mark #mehrtens #bisa #bebas #dari #penyanderaan #papua #selama #tahun

KOMENTAR