OceanX Temukan 6 Gunung Laut Baru di Perairan Utara Sulawesi
JELAJAH MARITIM: Peneliti BRIN menggunakan fasilitas dari kapal riset OceanXplorer saat melakukan sejumlah misi penelitian di perairan Indonesia. (Dokumentasi OceanXplorer)
12:56
20 September 2024

OceanX Temukan 6 Gunung Laut Baru di Perairan Utara Sulawesi

- Misi pelayaran kapal riset OceanXplorer (OceanX) di perairan Indonesia telah tuntas. Dalam salah satu misi, OceanX berhasil menemukan enam gunung laut. Menariknya, keenamnya merupakan temuan baru, belum pernah teridentifikasi.

Keberhasilan itu diumumkan secara tertulis oleh tim OceanX. Sebelumnya, mereka bersama Kemenko Marves dan BRIN melakukan riset kelautan bertajuk Misi Indonesia 2024. Misi tersebut berakhir di kawasan Bitung, Sulawesi, pada 25 Agustus lalu.

Penelitian menggunakan kapal riset supercanggih itu berhasil melakukan pemetaan dasar laut seluas 2.833 km persegi. Hampir setara dengan empat kali luas daratan Singapura.

Enam gunung bawah laut itu belum pernah terpetakan sebelumnya. Nantinya gunung-gunung tersebut diberi nama oleh para peneliti terkait bersama ahli hidrografi dari TNI Angkatan Laut. Penemuan tersebut menunjukkan betapa banyak lagi misteri bawah laut Indonesia yang menarik untuk dieksplorasi dan dipahami.

"Ini masih sangat awal temuannya. Baru dari data batimetri," kata Direktur Pengelolaan Armada Kapal Riset BRIN Nugroho Dwi Hananto kemarin (19/9). Data batimetri adalah data yang menunjukkan kedalaman sebuah perairan. Termasuk laut, sungai, dan lain-lain.

Pihaknya belum bisa memberikan detail informasi terkait enam gunung laut tersebut. Nugroho hanya menyebutkan, temuan gunung bawah laut itu antara lain ada di perairan utara Sulawesi.

Penelitian kelautan yang dijalankan kapal riset OceanXplorer juga terkait dengan penetapan kawasan konservasi laut. Kemudian juga pemahaman tentang ekosistem iklim dan paleoklimatologi. Tim peneliti juga menguji kualitas air serta mikroplastik. Seperti diketahui, hampir seluruh lautan di dunia telah tercemar mikroplastik. (wan/c19/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #oceanx #temukan #gunung #laut #baru #perairan #utara #sulawesi

KOMENTAR