Sudah Dikode Tom Lembong, Anak-anak Abah Nunggu Manuver Anies Baswedan Berikutnya
Kemeja biru yang selalu dikenakan Anies Baswedan di berbagai kesempatan disebut-sebut jadi kode keras Anies Baswedan tentang manuver politik yang sedang dia siapkan. Seperti dalam foto dari akun Instagram @aniesbaswedan, Anies mengenakan kemeja biru saat menyambangi kedai kuliner Soto H Ma'ruf di Taman ismail Marzuki, Jakarta, 15 Agustus 2024. 
15:26
18 September 2024

Sudah Dikode Tom Lembong, Anak-anak Abah Nunggu Manuver Anies Baswedan Berikutnya

Sahabat Anies Baswedan, Tom Lembong, dalam dua kali kesempatan berbeda sudah mengisyaratkan akan ada kejutan yang akan dimainkan oleh Anies Baswedan dalam waktu dekat.

Dalam beberapa kali kesempatan, Tom Lembong yang bersama Anies juga pernah sama-sama duduk di pemerintahan Joko Widodo tersebut sudah memberikan kode keras kepada para pendukung Anies di media sosial tentang akan adanya gerakan baru yang akan dijalankan Anies Baswedan.

Tom Lembong memberikan sinyal 'Resistance Blue' sebagai clue penting dari gerakan yang akan diinisiasi sahabatnya tersebut.

Sinyal ini oleh Tom Lembong disimbolisasi dengan baju warna biru yang dia kenakan ketika menggunggah postingan tentang sinyal tersebut di akun Instagram-nya dalam 2 kali kesempatan berbeda.

Apakah akan membentuk organisasi masyarakat alias ormas, gerakan perubahan ataukah partai politik seperti banyak didorong oleh sebagian politisi, Tom Lembong belum memberikan penegasan pasti. 

Begitu juga dari Anies. Yang jelas, publik bisa menerka-nerka apakah warna dengan tone biru juga akan digunakan Anies Baswedan?

Yang jelas, warna tersebut saat ini juga sudah dipakai oleh beberapa partai politik sebagai 'warna kebangsaan' mereka. Sebut saja, Partai Nasdem, PAN dan Partai Gelora.

Akan halnya Anies Baswedan, dia sendiri malah cenderung kalem, mencoba tidak terpancing oleh beragam provokasi dan gerakan invisible yang mencoba menggiringnya masuk ke arena permainan politik yang sedang terjadi.

Misalnya, ketika dia digiring untuk mendirikan partai politik.

Kembali ke soal kode keras yang diisyaratkan Tom Lembong, sejumlah Anak Abah yang menjadi pegiat aktif di media sosial menanggapi dengan respon beragam.

Di akun Instagram Anies Baswedan @aniesbaswedan, netizen yang jadi follower Anies mengisyaratkan sedang menunggu langkah apa akan Anies ambil dalam waktu dekat menyikapi kontestasi politik saat ini.

Misalnya, ketika Anies mengunggah video pendek menjelaskan tentang Cakra Pangeran Diponegoro yang dia posting Selasa, 17 September 2024.

Netizen follower-nya ada saja yang menyelipkan pesan tertentu ke Anies. Misalnya, seperti unggahan netizen @alfanhudayaa_ di kolom komentar dia menulis:

"yang nungguin pak anies bikin partai."

 komentar ini sejak diposting hingga hari ini, disukai oleh 4.796 netizen.

Begitu juga tanggapan pemilik akun komunitas @aceh.viral, yang menulis:

"Sehat selalu Abah... Kapan Launching Partai Perubahan." disertai dua emoticon.

Komentar ini mendapat  836 likes dari netizen follower Anies.

Kode Keras Kemeja Biru Anies

Sama seperti Tom Lembong, di berbagai unggahannya di Instagram. Anies kerap mengenakan kemeja warna biru. Ada netizen kritis yang berkomentar tentang kebiasaan Anies mengenakan kemeja birunya tersebut.

Jika merujuk pada unggahan-unggahan Tom Lembong tentang terminologi Resistance Blue, bisa diasumsikan it juga bukan sebagai hal ketidaksengajaan.

Ini baju biru yang kerap dikenakan Anies di berbagai kesempatan bertemu masyarakat dan pendukung dia di berbagai kota berdasarkan unggahan Anies di Instagram @aniesbaswedan:

22 Agustus 2024:

Anies mengenakan kemeja biru dan kopiah hitam saat gelar acara doa bersama warga Kampung Susun Kunir, Kampung Muka dan Kampung Balokan, Jakarta.

24 Agustus 2024:

Anies mengenakan kemeja biru saat menerima sejumlah komunitas pendukungnya seperti Humanies, Olppaemi Project, Ubah Bareng, Jakarta Maju Bersama, Ubah Bareng Buibu dan lain-lain di pendopo jati kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 24 Agustus 2024.

Malam itu Anies ditemani oleh Tom Lembong, yang juga mengenakan atasan polo warna biru.

Anies dan kemeja biru1 Anies mengenakan kemeja biru saat menerima sejumlah komunitas pendukungnya seperti Humanies, Olppaemi Project, Ubah Bareng, Jakarta Maju Bersama, Ubah Bareng Buibu dan lain-lain di pendopo jati kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 24 Agustus 2024.

30 Agustus 2024

Anies kembali mengenakan kemeja biru saat menggelar pernyataan politik terbuka yang diposting pasca pendaftaran Pilkada di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

1 September 2024

Anies kembali mengenakan kemeja biru saat rekaman bincang bincang di program Mata Najwa tentang drama Pilkada dan disiarkan di Youtube Najwa Shihab.

Kemeja warna serupa juga dia kenakan saat menyambangi markas Panji Pragiwaksono pada 3 September 2024 untuk sebuah program podcast yang ditayangkan di channel milik Panji Pragiwaksono di Youtube.

Anies dan kemeja biru2 Anies Baswedan kembali mengenakan kemeja biru saat rekaman bincang bincang di program Mata Najwa tentang drama Pilkada pada 1 September 2024 dan disiarkan di Youtube Najwa Shihab.

9 September 2024

Anies kembali mengenakan kemeja biru dipadu dengan celana warna krem ketika menghadiri acara dialog kampus bertajuk Demokrasi dalam Genggaman: Kepemimpinan Anak Muda di Era Digital di Yogyakarta.

Anies Terbang Ke Tokyo, Beri Kuliah Umum di Sophia University

Anies mengabarkan, Jumat malam pekan ini dia akan terbang ke Tokyo, Jepang, untuk memberikan kuliah umum di kampus tersebut.

Bagi Anies, keberangkatannya ke Tokyo dan menyambangi Sophia University di Yotsuya akan memberikan kenangan tersendiri karena dia pernah mengikuti kuliah Musim Panas yang diselenggarakan JAL Scholarship Program di kampus ini tahun 1993.

Anies mengaku bisa ikut program itu karena dirinya ikut lomba karya tulis bidang lingkungan hidup.

Anies menilis di Instagram:

"Dulu di tahun 1993 berkesempatan mengikuti kuliah Musim Panas melalui JAL Scholarship Program di kampus ini. Bisa ikut program itu karena ikut lomba karya tulis bidang lingkungan hidup."

"Masih ingat dulu menulis, judulnya: How Economy & Ecology Walk Together - Pursuing Sustainable Development. Makin ke sini topiknya ternyata makin relevan dan makin mendesak dipikirkan."

"Tapi untuk di Sophia nanti, rencananya akan memberikan kuliah umum bertema demokrasi dan anak muda bagi akademisi dan mahasiswa Jepang. Akan senang jika teman-teman Indonesia di Tokyo bisa ikutan juga. Khususnya teman-teman muda dan mahasiswa, yuk tukar pikiran soal demokrasi."

"Sampai jumpa Jumat depan di Tokyo!"

Mengomentari rencana keberangkatan Anies ke Tokyo, netizen @oceanicbaby menulis:

"fyi, Sophia University ini adalah universitas Katolik yg didirikan oleh pastor Jesuits, dan salah satu yang tertua di Jepang. Ketawa aja sih yang bilang Pak Anies intoleran intoleran." 

Ernest Prakasa Ngaku Jadi Anak Abah

Soal dinamika Anak Abah di media sosial yang sekarang lagi hype, sineas muda yang juga berprofesi sebagai stand up comedy, Ernest Prakasa, membuat cuitan menarik, Selasa, 17 September 2024 kemarin.

Dia mencuit, "Saya aja baru tau ternyata saya '"Anak Abah" Mbak" yang diiringi dengan emoticon tertawa,

Ernest Prakasa mencuit ini untuk merespon cuitan Uni Lubis, salah seorang pemimpin redaksi media massa tentang riuh percakapan di media sosial di mana rata-rata para pengkritik Jokowi kerap dituding dengan label: barisan sakit hati, gak kebagian proyek, anak Abah, pemecah belah bangsa.

Ernest dan sejumlah sineas lain seperti Joko Anwar, Reza Rahadian dan lain-lain

 

 

Postingan Ernest Prakasa yang menyebut dirinya sebagai 'Anak Abah' di media sosial X, Selasa, 17 September 2024. Postingan Ernest Prakasa yang menyebut dirinya sebagai 'Anak Abah' di media sosial X, Selasa, 17 September 2024. (Tangkap layar X)

 

 

Tag:  #sudah #dikode #lembong #anak #anak #abah #nunggu #manuver #anies #baswedan #berikutnya

KOMENTAR