Misi Muhibah, KRI Bima Suci Antarkan Taruna AAL Tingkat III Membelah Samudera
TUNTASKAN MISI DIPLOMASI: Sargas Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL angkatan ke-69 yang menaiki KRI Bima Suci tiba di Markas Komando Armada II, Dermaga Madura Ujung, Surabay, Rabu (18/10). (Ahmad Khusaini/Jawa Pos)
14:32
18 September 2024

Misi Muhibah, KRI Bima Suci Antarkan Taruna AAL Tingkat III Membelah Samudera

- Sebagai kapal layar latih tiang tinggi, KRI Bima Suci mengemban misi untuk menjadi tempat bagi para taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dilatih. Sejak awal bergabung menjadi bagian Angkatan Laut, misi para prajurit yang ditugaskan di KRI Bima Suci sudah jelas, yakni meneruskan misi KRI Dewaruci.

Mereka mengantarkan calon-calon pemimpin masa depan TNI AL membelah samudera, melakukan pelayaran ke berbagai negara.

Saat ini, KRI Bima Suci tengah melakoni pelayaran panjang sejauh 10.715 nautical mile. Pelayaran itu dilaksanakan dalam rangka menjalankan misi muhibah diplomasi oleh duta bangsa yang tengah melaksanakan Latihan Praktik Kartika Jala Krida (Lattek KJK) 2024 Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke-71. Dalam pelayaran yang berlangsung selama 90 hari tersebut, KRI Bima Suci akan singgah di beberapa negara Asia dan Eropa.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa misi muhibah diplomasi tersebut merupakan kesempatan penting bagi para taruna AAL untuk belajar secara langsung dalam pelayaran panjang. Karena itu, orang nomor satu di Angkatan Laut tersebut berpesan agar calon-calon pemimpin masa depan TNI AL itu menyerap sebanyak-banyaknya ilmu. Juga menjaga nama baik Indonesia.

"Maka dari itu para prajurit yang ditugaskan harus bangga dikarenakan ini merupakan bagian dari kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada TNI AL,” terang Laksamana Ali.

Dalam pelayaran panjang tersebut, KRI Bima Suci akan singgah di beberapa negara. Mulai Kamboja, Vietnam, Tiongkok, Korea Selatan, Rusia, Jepang, sampai Filipina. Saat ini, mereka tengah dalam pelayaran dari Korea Selatan menuju Rusia. KRI Bima Suci dijadwalkan tiba di Vladivostok, Rusia pada Jumat (20/9). Mereka berlayar lebih kurang enam hari sejak bertolak dari Korea Selatan pada Minggu (15/9).

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #misi #muhibah #bima #suci #antarkan #taruna #tingkat #membelah #samudera

KOMENTAR