Makna Dibalik Loreng RIMBA, Seragam Tempur Pasukan Khusus TNI AU
Seragam tempur Loreng RIMBA digunakan oleh pasukan khusus TNI AU, Kopasgat. (Egar for JawaPos.com)
20:24
14 September 2024

Makna Dibalik Loreng RIMBA, Seragam Tempur Pasukan Khusus TNI AU

 

- Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) sebagai pasukan khusus TNI AU memperkenalkan seragam tempur baru milik mereka. Seragam tempur itu mereka namai, Loreng RIMBA.

Sebagai seragam tempur pasukan khusus, loreng RIMBA punya makna mendalam. Tidak hanya menjadi uniform, loreng RIMBA menjadi identitas baru bagi Kopasgat.

Loreng RIMBA dihadirkan oleh Kopasgat bersama perusahaan dalam negeri, Camovault. Sebagai founder Camovault, Yoga menyampaikan bahwa RIMBA merupakan singkatan dari Rekayasa Identitas Mimikri Berbasis Alam.

Loreng tersebut diperkenalkan sebagai inisiatif baru. ”Sebuah gebrakan inovatif yang dipenuhi kreativitas anak bangsa,” terang dia. 

Yoga menyampaikan bahwa Loreng RIMBA merupakan terobosan di jajaran seragam tempur TNI. Loreng tersebut lahir dari Camovault, perusahaan startup yang memilih fokus dan concern menggarap desain seragam militer.

Loreng RIMBA dibuat oleh anak-anak muda berbakat yang ingin menunjukkan dan membuktikan komitmen dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mereka percaya dengan dorongan inovatif seperti Loreng RIMBA, masa depan seragam militer Indonesia akan semakin menjanjikan. Loreng RIMBA dibuat oleh Kopasgat bersama Camovault lewat penelitian panjang selama dua tahun. Seragam tempur itu juga diuji coba di berbagai medan tugas yang berat.

”Loreng yang sesuai dengan alam Indonesia menjadi perhatian utama,” imbuh Yoga. 

Loreng RIMBA, lanjut Yoga, mengkombinasikan empat warna berbeda dengan menonjolkan macro pattern dan micro pattern.

”Berdasarkan empat warna alam vegetasi Tropis Indonesia, loreng RIMBA mampu menyesuaikan diri dengan latar alam, tak terlihat dari jarak dekat atau pun jauh,” ucap Yoga. Uji coba loreng RIMBA juga dilakukan langsung oleh prajurit Kopasgat. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #makna #dibalik #loreng #rimba #seragam #tempur #pasukan #khusus

KOMENTAR