Mukadimah Maulid Nabi dalam Bahasa Arab: Panduan Lengkap Beserta Terjemahannya
Mukadimah maulid bahasa arab (freepik)
09:12
14 September 2024

Mukadimah Maulid Nabi dalam Bahasa Arab: Panduan Lengkap Beserta Terjemahannya

Sebentar lagi, umat Islam akan memperingati hari besar Maulid Nabi 2024. Maulid Nabi merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal dalam penanggalan kalender Hijriah.

Dalam suatu susunan acara peringatan Maulid Nabi seperti pengajian, biasanya akan ada pidato sambutan yang disampaikan oleh tokoh setempat. Pidato Maulid Nabi biasanya akan dimulai dengan pembukaan alias mukadimah bahasa Arab. Dalam mukadimah Maulid bahasa Arab berisi pujian dan sanjungan terhadap Allah SWT, sholawat pada Nabi Muhammad SAW, hingga doa kebaikan pada kaum muslimin. 

Mukadimah Maulid Bahasa Arab dan Artinya

Berikut ini adalah contoh teks mukadimah Maulid Nabi bahasa Arab dan artinya yang bisa dijadikan referensi: 

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Memperingati Maulid Nabi 2024: Memaknai Jejak Kehidupan Nabi Muhammad SAW

Contoh Teks Mukadimah Maulid Nabi 1

“Alhamdulillahi robbil aalamiin, wabihi nasta'inu alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu alaa asyrofil mursaliin, wa alaa aalihi wa sohbihi ajma'iin, amma ba'du”.

Artinya: “Segala puji bagi Tuhan semesta alam. Kepada-Nya kami memohon pertolongan dalam urusan dunia dan juga agama. Sholawat dan salam atas nabi dan rasul yang paling mulia, serta atas keluarganya dan para sahabatnya seluruhnya, adapun setelahnya”.

Contoh Teks Mukadimah Maulid Nabi 2

“Alhamdulillahi washsholatu wassalaamu alaa rosulillah wa'alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah, amma ba'du”.

Baca Juga: Inilah Terjemahan Selamat Datang Bulan Maulid Dalam Bahasa Arab

Artinya: "Segala puji bagi Allah. Salawat dan salam tercurah untuk Rasulullah, para keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang tunduk lagi taat kepada beliau, adapun setelahnya”.

Contoh Teks Mukadimah Maulid Nabi 3

“Innal hamda lillah, nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruh, wana’udzu billahi min syururi anfusina, wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhilla lah, wamayyudhlil falaa haadiya lah. Asyhadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarika lah, wa asyhadu anna muhamadan ’abduhu warosuluh. Allahumma shalli wasalim wabarik ’ala sayidina muhamadin wa ’ala alihi washahbihi ajma’in, amma ba’du”.

Artinya: “Sesungguhnya segala puji hanya milik Allah SWT, yang kita memuji-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya, memohon ampun kepada-Nya, dan kita berlindung kepada Allah SWT dari kejahatan diri-diri kita dan dari keburukan amal-amal perbuatan kita. Barangsiapa yang diberikan petunjuk oleh Allah SWT maka tak seorang pun bisa menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah SWT sesatkan maka tak seorangpun mampu memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, berikanlah rahmat, keselamatan serta barakah kepada Junjungan kita Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya semuanya, adapun setelah itu”.

Itulah beberapa contoh teks mukadimah Maulid Nabi yang bisa dijadikan referensi. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #mukadimah #maulid #nabi #dalam #bahasa #arab #panduan #lengkap #beserta #terjemahannya

KOMENTAR