Dua Kapal Selam Scorpene untuk TNI AL Bakal Dibuat di Surabaya
Potret kapal selam kelas scorpene buatan Naval Group, Perancis. (Dok. Kemhan)
22:24
12 September 2024

Dua Kapal Selam Scorpene untuk TNI AL Bakal Dibuat di Surabaya

Keputusan Kementerian Pertahanan (Kemhan) mendatangkan dua kapal selam scorpene dari perusahaan asal Prancis, Naval Group disambut baik oleh TNI AL.

Bukan hanya karena menjadi kapal selam baru sesuai keinginan mereka, pengadaan tersebut disambut baik lantaran pembangunan dua kapal selam scorpene tersebut akan dilakukan di galangan PT PAL Indonesia yang berada di Surabaya, Jawa Timur. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan (Karo Humas Setjen Kemhan) Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menyampaikan hal itu saat dikonfirmasi oleh JawaPos.com pada Kamis (12/9). ”Pelaksanaan pembangunan kapal selam scorpene itu sepenuhnya di galangan PT PAL Indonesia di Surabaya,” ungkap Edwin.

Jenderal bintang satu TNI AD itu menyampaikan bahwa sudah ada kerja sama antara PT PAL Indonesia dengan Naval Group. 

Kerja sama tersebut dikukuhkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Naval Group dan PT PAL Indonesia. Mereka juga sudah melakukan Joint Operation Agreement pada 12 Desember 2023. Sementara penandatanganan kontrak kerja sama untuk pengadaan dua kapal selam scorpene dilaksanakan bersama Kemhan di Kantor Kemhan beberapa bulan lalu. Persinya pada Kamis, 28 Maret 2024. 

Berdasar data dari Kemhan, kapal selam scorpene yang akan memperkuat TNI AL sudah dilengkapi dengan torpedo Black Shark, Missile SM 39 serta dapat dipasangi Torpedo F21. Tidak hanya itu, alutsista strategis Angkatan Laut tersebut sudah dilengkapi non akustik sensor dan sistem komunikasi. Kemampuan indiscretion rate-nya juga tinggi. Mencapai 4,5 persen. 

Dengan kemampuan indiscretion rate tersebut, kapal selam scorpene tidak terdeteksi oleh musuh saat beroperasi di bawah air. Keunggulan lainnya dari kapal selam tersebut adalah Full Lithium Ion Battery. dengan Full Lithium Ion Battery, kapal selam scorpene dapat beroperasi dalam jangka waktu yang lebih panjang. Itu sesuai dengan kebutuhan TNI AL. 

Sistem senjata dan teknologi baterai pada kapal selam scorpen dilengkapi dengan Teknologi Acoustic Discretion Technology for Minimising Radiated Noise dan Planar Array. Teknologi Planar Array adalah jenis antena di lingkungan laut yang dapat mendeteksi dan menganalisis informasi secara lebih akurat dan cepat saat kapal selam beroperasi. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kapal #selam #scorpene #untuk #bakal #dibuat #surabaya

KOMENTAR