Sempat Mangkrak, Rosan Roeslani Sebut Laba PT Lotte Chemical Indonesia Capai USD 2 Miliar Per Tahun
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani memberi keterangan kepada awak media saat mengunjungi PT Lotte Chemical Indonesia, Rabu (11/9/2024). [Yandi Sofyan/Suara.com]
21:24
11 September 2024

Sempat Mangkrak, Rosan Roeslani Sebut Laba PT Lotte Chemical Indonesia Capai USD 2 Miliar Per Tahun

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani menyampaikan, perusahaan petrokimia asal Korea Selatan yakni PT Lotte Chemical Indonesia hampir rampung 100 persen sehingga akan mulai melakukan produksi di Maret 2025.

Rosan Roeslani menyampaikan hal tersebut saat melakukan kunjungan kerjanya ke PT Lotte Chemical Indonesia yang berlokasi di Kota Cilegon, Banten pada Rabu (11/9/2024).

"Kalau kita lihat, pembangunan dari pabrik ini sudah hampir final, yaitu tadi disampaikan hampir 97,8 persen. Dan diharapkan pada bulan Maret 2025 sudah mulai produksi dan bulan Mei 2025 sudah bisa mulai eksport," kata Rosan Roeslani.

Mesaki sempat mangkrak di tahun 2016-2018 silam, Rosan menyebut, kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Korea melalui pembangunan PT Lotte Chemical Indonesia telah menghasilkan investasi sekitar USD 14 miliar dalam periode 2019-2023.

Baca Juga: Beda Alasan Manajer Tim Golf Banten Vs Geni Faruk soal Saaih Halilintar Gagal Ikut PON, Murni Gegara NPWP?

"Memang sempat ada masalah pertanahan, dan alhamdulillah sudah beres dan pembangunan bisa dilanjutkan lagi, selesai pada awal 2023. Mulai grounbreakingnya itu tahun 2018," ujarnya.

Karenanya, ia optimistis beroperasinya PT Lotte Chemical Indonesia bakal memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi sektor industrialisasi dan penyerapan tenaga kerja khususnya di Kota Cilegon dan sekitarnya lantaran ditargetkan akan memiliki keuntungan hingga mencapai USD 2 miliar per tahun.

"Disampaikan pendapatan per tahunnya itu kurang lebih USD 2 miliar per tahun, dan 30 persen rencananya untuk eksport dan 70 persen untuk pemakaian industri di sini (Indonesia)," paparnya.

"Disaat bersamaan pembangunannya bisa menyerap tenaga kerja lebih dari 13 ribu orang, di mana hanya sekitar 4 persen saja tenaga kerja dari Koreanya. Ketika selesai itu bisa menyerap sebanyak 900 orang secara permanen dan ditambah lagi ada 400 orang tenaga kerja tambahannya," imbuh Rosan.

Diketahui, PT Lotte Chemical Indonesia akan memiliki total kapasitas produksi sebanyak 3,1 juta ton per tahun, di mana target produksi tahun 2025 akan menghasilkan 1 juta ton ethylene, 520.000 ton propylene, dan 250.000 ton polypropylene per tahun.

Baca Juga: Raffi Ahmad Resmi Jadi Ketua Tim Pemenangan Andra Soni-Dimyati Di Pilkada Banten

"Dengan adanya investasi pembangunan pabrik PT Lotte Chemical ini, kami berharap bisa menjadi stimulus untuk industri petrokimia di dalam negeri, selain itu juga diharapkan bisa mendorong lapangan-lapangan kerja yang baru untuk masyarakat," tandas Rosan.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #sempat #mangkrak #rosan #roeslani #sebut #laba #lotte #chemical #indonesia #capai #miliar #tahun

KOMENTAR