Bantah 2 Kali Mangkir Rapat Pansus Haji DPR, Menag Yaqut: Saya Belum Pernah Dapat Surat Panggilan
Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Humas Kemenag)
14:48
11 September 2024

Bantah 2 Kali Mangkir Rapat Pansus Haji DPR, Menag Yaqut: Saya Belum Pernah Dapat Surat Panggilan

 

–Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut membantah tuduhan dirinya mangkir dari rapat Pansus Haji di DPR RI. Dia menegaskan, tidak pernah mendapat surat panggilan untuk menghadiri rapat Pansus Haji.

”Sampai saya datang ke sini, ketemu kawan-kawan semua ini saya belum pernah mendapatkan surat panggilan itu. Bisa dicek di Sekretariat Kesetjenan DPR kan bisa dicek ya. Jadi saya enggak tahu itu dasarnya dari mana,” kata Gus Yaqut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9).

Gus Yaqut meminta Pansus Haji untuk memeriksa apakah ada surat pemanggilan dalam rapat pansus Haji DPR kepada Kesetjenen DPR. Hal tersebut untuk memastikan kebenaran kabar dirinya sudah dipanggil dua kali oleh Pansus.

”Jadi saya pengen tahu juga apakah benar saya sudah dipanggil dua kali, karena kok saya belum menerima (surat). Sampai saya datang ke sini ini, saya belum menerima surat. Apakah surat itu tidak sampai ke saya salah alamat atau bagaimana saya tidak tahu,” tegas Gus Yaqut.

Anggota Pansus Haji DPR RI Marwan Jafar sebelumnya menyesalkan sikap Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang tidak hadir kembali dalam rapat di DPR RI. Padahal, keterangannya dibutuhkan untuk mendalami permasalahan haji 2024. 

Politikus PKB itu mengaku sudah melakukan pemanggilan kepada Menag Yaqut sebanyak dua kali. Jika, nanti kembali mangkir, pihaknya tak segan untuk menggandeng aparat kepolisian. 

”Sudah dua kali mangkir, dan ini akan kita undang lagi supaya hadir. Ini dia buying time saja supaya waktu DPR habis ini,” ucap Marwan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

”Mangkir lagi ketiga kali sesuai dengan UU MD3 panggil ketiga kali dan kalau perlu kita menggunakan polisi memanggil secara paksa,” sambung Marwan.

Marwan menambahkan, seharusnya Menag Yaqut menghadiri rapat hari ini. Namun, Yaqut tak bisa hadir dengan alasan masih berkegiatan acara MTQ Nasional di Kalimantan Timur (Kaltim).

”Kami menemukan hal yang paling lucu dalam Pansus ini, yaitu adalah salah satunya kucing-kucingan antara Pansus dengan Menteri Agama,” ucap Marwan.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #bantah #kali #mangkir #rapat #pansus #haji #menag #yaqut #saya #belum #pernah #dapat #surat #panggilan

KOMENTAR