Resmi! Sekjen PBNU Saifullah Yusuf Jadi Mensos Gantikan Risma
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf resmi dilantik jadi Menteri Sosial oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (11/9/2024). (Suara.com/Novian)
11:16
11 September 2024

Resmi! Sekjen PBNU Saifullah Yusuf Jadi Mensos Gantikan Risma

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menjadi Menteri Sosial. Pelantikan tersebut dilakukan, menyusul langkah Tri Rismaharini yang memilih mundur dari jabatan Mensos usai maju di Pilkada Jawa Timur.

Pelantikan Gus Ipul sebagai Mensos berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.

Gus Ipul lantas membaca sumpah jabatan mengikuti ucapan dari Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-perundangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Ipul di Istana Negara Jakarta , Rabu (11/9/2024).

Baca Juga: Jokowi Lantik Gus Ipul Sebagai Mensos Pagi Ini

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi dijadwalkan melantik Gus Ipul sebagai Menteri Sosial, menggantikan Tri Rismaharini yang mundur karena mencalonkan diri sebagai gubernur Pilkada Jawa Timur.

Pelantikan Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu sebagai Mensos bakal dilakukan pada pagi ini di Istana Negara.

"Hari ini, hari Rabu, 11 September 2024, pukul 09.00 WIB, Bp. Presiden diagendakan akan melantik Bp.Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk sisa masa jabatan Tahun 2019-2024," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Rabu (11/9/2024).

Jokowi sekaligus akan melantik Anggota Dewan Komisioner LPS dan Kepala BNPT.

Baca Juga: KPK Didesak Usut Gus Ipul dan Khofifah dalam Kasus Korupsi Bantuan Keuangan Pemkab Tulungagung

"Selain itu, bapak presiden juga akan melantik Ibu Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner LPS dan Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT," kata Ari.

Sebelumnya, Jokowi menyetujui pemberhentian Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial. Jokowi lantas menunjuk Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (Plt).

Persetujuan pengunduran diri Risma itu disampaikan Koordinaror Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

"Pada hari ini, tanggal 6 September 2024, telah diterbitkan Keppres No. 100/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat, Ibu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut," kata Ari kepada wartawan, Jumat (6/9/2024).

Selanjutnya, Jokowi menunjuk Muhadjir sebagai Plt Menteri Sosial. Penunjukan Plt tersebut sampai ada pengangkatan Mensos definitif.

"Presiden juga menunjuk Bapak Muhajir Effendy, Menko PMK, sebagai pelaksana tugas, wewenang dan tanggung jawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitif," kata Ari.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #resmi #sekjen #pbnu #saifullah #yusuf #jadi #mensos #gantikan #risma

KOMENTAR