KSAL Akui Sudah Lihat Kapal Induk Buatan Italia dan Turki
TNI AL menunjukkan armada kapal tempur mereka di Perairan Teluk Jakarta pada Selasa (10/9). (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
19:40
10 September 2024

KSAL Akui Sudah Lihat Kapal Induk Buatan Italia dan Turki

- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyatakan ketertarikan Pemerintah Indonesia untuk membeli kapal induk. Ali menyampaikan hal itu saat diwawancarai oleh awak media usai hadir dalam peringatan HUT ke-79 TNI AL.

Menurut dia itu sesuai dengan arahan dan sikap Angkatan Laut selama ini yang selalu berproyeksi global.

Laksamana Ali menyatakan bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sudah mengisyaratkan bahwa TNI AL bisa saja mendatangkan kapal induk.

”Bapak Prabowo juga sudah mengisyaratkan seperti itu,” kata dia di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Selasa (10/9). Isyarat yang dimaksud oleh Ali tidak lain terkait dengan kemungkinan Indonesia membeli kapal induk.

Menurut Ali, jika memang diperlukan, bukan tidak mungkin Indonesia membeli kapal induk. ”Kami sudah melihat beberapa kapal induk kecil yang dibuat oleh Italia maupun Turki,” terang dia.

Sebagai orang nomor satu di TNI AL yang menginginkan Angkatan Laut semakin kuat, Ali berharap hal itu bisa terwujud. ”Mudah-mudahan ini bisa kita penuhi, tentunya butuh anggaran yang cukup besar. Nah ini yang kita perlu siapkan dari awal,” tambah dia. 

Mantan panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I itu menambahkan bahwa instansinya selalu berusaha meningkatkan kemampuan.

”Jadi, kami outward looking. Dari dulu Angkatan Laut selalu outward looking, karena kami harus bisa bertempur di luar wilayah perairan Indonesia, kalau bisa sebisa mungkin pokoknya jangan sampai menyengsarakan rakyat,” terang dia.

Karena itu, dalam situasi tertentu Angkatan Laut akan berusaha menahan musuh agar tidak sampai masuk ke wilayah Indonesia.

”Maka untuk itu kita butuh kapal-kapal yang mampu ocean going, yang mampu berlayar di samudra lepas, tentunya butuh kapal-kapal besar, kapal-kapal yang ukurannya besar karena menghadapi ombak yang cukup besar juga di laut lepas. Untuk itu, kita butuh LHD (Landing Helicopter Dock) juga,” jelasnya. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #ksal #akui #sudah #lihat #kapal #induk #buatan #italia #turki

KOMENTAR