Cawapres Muhaimin Berjanji Beri Anggaran Desa Per Tahun Rp 5 Miliar
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Youtube KPU)
06:40
22 Januari 2024

Cawapres Muhaimin Berjanji Beri Anggaran Desa Per Tahun Rp 5 Miliar

 

Muhaimin Iskandar calon wakil presiden nomor urut satu berjanji akan memberikan anggaran sebesar Rp5 miliar per desa setiap tahunnya.
"Ke depan, kita naikkan lagi anggaran Rp5 miliar per desa," ujarnya di Jakarta Convention Center (JCC) Minggu (21/1) malam dalam debat keempat Pilpres 2024 yang diadakan KPU dikutip melalui Antara.   Muhaimin menjelaskan, penerapan dana desa harus meningkat setiap tahun mengikuti undang-undang pembangunan desa.   Tujuannya untuk pembangunan infrastruktur desa agar desa bertransformasi menjadi lebih maju dan mandiri.
"Hari ini sudah 13 ribu desa tertinggal menjadi desa mandiri," ucap Cawapres yang akrab disapa Cak Imin.

Selain pembangunan infrastruktur, menurutnya kenaikan anggaran ini juga berperan sebagai pertumbuhan ekonomi desa melalui badan usaha milik desa.
"Berbagai kegiatan wirausaha tumbuh, pertanian, peternakan dan ekonomi kreatif, sehingga orang tertarik ke desa," tegasnya.   Hal ini diungkapkan Muhaimin ketika mendapatkan pertanyaan dari panelis mengenai kebijakan dan strategi pasangan calon.  

  Tujuannya agar warga desa lebih berminat untuk menetap dan memajukan desanya.   Muhaimin berharap dana desa dapat memajukan pertumbuhan kegiatan ekonomi, infrastruktur, dan kemajuan desa menjadi komunitas yang membanggakan.
"Sehingga masyarakat tidak lagi tertarik menjadi urbanisasi, tapi cukup kembali ke desa, membangun desa untuk pembangunan bangsa," kata Muhaimin.

Anies-Muhaimin pasangan nomor urut satu mengangkat visi, misi, serta program kerja bertema besar yaitu Indonesia adil makmur untuk semua.

Misi pasangan Anies-Muhaimin dimasukkan ke dalam delapan jalan perubahan.
Misi keempatnya yaitu membangun kota dan desa berkeadilan, saling memajukan, dan berbasis kawasan yang manusiawi.

Salah satu agenda misi yaitu desa yang sejahtera dan mandiri, diantaranya menyediakan infrastruktur memadai dan mengutamakan pembangunan desa.   Agenda tersebut mencakup air bersih, pengelolaan, sampah, sanitasi, jaringan listrik, jaringan irigasi, jaringan internet, dan telekomunikasi.  

  Diketahui KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yaitu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, pasang Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2 dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan nomor urut 3.   Debat pertama dilaksanakan pada 12 Desember 2023. Debat kedua dilaksanakan pada 22 Desember 2023.   Debat ketiga dilaksanakan pada 7 Januari 2024, dan debat keempat dilaksanakan pada 21 Januari 2024.

Tema debat keempat meliputi sumber daya alam (SDA), energi,  pangan, lingkungan hidup, pajak karbon, agraria, dan masyarakat adat.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cawapres #muhaimin #berjanji #beri #anggaran #desa #tahun #miliar

KOMENTAR