Hari Olahraga Nasional 9 September 2024, Berikut Sejarah dan Tema Peringatannya
ilustrasi olahraga bersama. Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) jatuh pada hari ini, Senin (9/9/2024). Berikut inilah sejarah dan tema peringatan Hari Olahraga Nasional Tahun 2024. 
08:43
9 September 2024

Hari Olahraga Nasional 9 September 2024, Berikut Sejarah dan Tema Peringatannya

- Berikut inilah sejarah dan tema peringatan Hari Olahraga Nasional Tahun 2024.

Diketahui, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) jatuh pada hari ini, Senin (9/9/2024).

Tanggal 9 September selalu membawa makna tersendiri bagi olahraga Indonesia, yang dikenal sebagai Hari Olahraga Nasional.

Peringatan Hari Olahraga Nasional setiap tahun ini dapat menjadi sebuah pengingat bagi masyarakat Indonesia untuk kebangkitan olahraga yang sistematis dan berkelanjutan di Indonesia.

Pada tahun ini, puncak peringatan Hari Olahraga Nasional XLI Tahun 2024 bertepatan dengan Opening Ceremony penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024.

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 9.3.30 Tahun 2024 Tentang Penyelenggaraan Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional XLI Tahun 2024, tema yang diusung tahun ini adalah "Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara".

Tema ini mempunyai tujuan bersama berkomitmen mewujudkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga dan meningkatkan kebugaran masyarakat sehingga mampu menghasilkan calon-calon olahragawan berprestasi kelas dunia.

Sejarah Peringatan Hari Olahraga Nasional

Hari Olahraga Nasional (Haornas) biasa diperingati pada tanggal 9 September oleh masyarakat Indonesia.

Pada awalnya, Haornas diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan rasa sportivitas di antara para atlet.

Haornas pertama kali dicetuskan di Indonesia berawal dari diselenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) 1 pada 9 – 12 September 1948 di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tanggal 9 September 1948 menjadi pembukaan ajang olahraga tersebut dan ditetapkan pula untuk setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional oleh warga Indonesia.

Peringatan Hari Olahraga Nasional kemudian diresmikan oleh Presiden ke-2 Indonesia, H. M Soeharto pada 9 September 1983 saat meresmikan pemugaran Stadion Sriwedari Surakarta.

Pemilihan tanggal 9 September tersebut dalam peresmian Haornas juga dimaksudkan untuk mengenang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama.

Adapun penyelenggaraan PON I diselenggarakan dengan latar belakang peristiwa ditolaknya atlet-atlet Indonesia mengikuti Olimpiade XIV/1948 di Kota London, Inggris.

Hal ini dikarenakan pada saat itu kemerdekaan Indonesia masih belum diakui oleh dunia yang menyebabkan paspor Indonesia pun tidak diakui oleh pemerintah Inggris.

Atlet Indonesia bisa mengikuti Olimpiade tersebut bilamana menggunakan paspor Belanda dan atlet tanah air hanya mau hadir sebagai perwakilan Indonesia.

Penolakan tersebut membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional.

Penyelenggaraan PON sebagai bukti untuk menunjukkan kepada mata dunia bahwa pada saat itu bangsa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga dengan skala nasional.

PON I disambut antusias oleh para atlet Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya para altet Indonesia yang bergabung.

Sebanyak 600 atlet yang mengikuti kompetisi tersebut dan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 medali.

Tanggal pembukaan PON I di Surakarta selanjutnya ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985.

(Tribunnews.com/Latifah)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #hari #olahraga #nasional #september #2024 #berikut #sejarah #tema #peringatannya

KOMENTAR