Cek Fakta: Polwan Brigadir Putri Cikita Resmi Dipecat Secara Tidak Hormat
Cek Fakta: Polwan Brigadir Putri Cikita Resmi Dipecat Secara Tidak Hormatm [Ist]
17:32
8 September 2024

Cek Fakta: Polwan Brigadir Putri Cikita Resmi Dipecat Secara Tidak Hormat

Nama Brigadir Putri Cikita belakangan ini menjadi buah bibir publik, lantaran viral mengajak ngobrol orang sedang makan. Tak hanya itu saja, Polwan cantik itu juga membentak pria dalam video viral.

Namun, baru-baru ini beredar di media sosial yang menyebutkan bahwa Brigadir Putri Cikita dipecat secara tidak hormat, lantaran telah mencoreng institusi Polri.

Kabar Brigadir Putri Cikita dipecat itu viral usai diunggah akun TikTok dengan nama @terbitlahterang1990.

Namun Apakah Benar Informasi Itu?

Baca Juga: Warga Puncak Bogor Murka, Oknum ASN dan DPRD Diduga Tipu Pedagang, Janji Izin Tapi Digusur, Kini...

Penjelasan:

Setelah dilakukan penelusuran oleh Tim Cek Fakta Suara.com, mengutip juga dari turnbackhoax -jaringan, akun Tiktok dengan nama @terbitlahterang1990 mengunggah sebuah konten tangkapan layar berita JPNN dengan judul “Viral Polwan Brigadir Putri Cikita resmi di pecat/dikeluarkan secara tidak hormat.”

Penelusuran dilakukan dengan mengetikkan secara manual judul berita yang beredar ke mesin pencarian Google. Hasilnya, tidak ditemukan satupun informasi yang valid mengenai berita tersebut di situs JPNN.

Demikian pula ketika ditelusuri secara manual pada indeks berita di web JPNN tanggal 25 Agustus 2024, tidak ditemukan informasi valid mengenai berita Brigadir Putri Cikita resmi di pecat/dikeluarkan secara tidak hormat dari Polri.

Konten ini merupakan hasil suntingan menggunakan inspect element, yakni dengan mengedit judul berita pada sebuah web tanpa mengubah tampilan aslinya. Sehingga ketika discreenshot, judul berita pada sebuah web tampak nyata.

Baca Juga: Di Tengah Perpecahan Istana, Pangeran Harry Ternyata Diam-diam Berhubungan Dengan Keluarga Kerajaan

Diketahui video Brigadir Putri Cikita dalam program The Police yang dirilis pada tanggal 22 Agustus 2024 viral lantaran dirinya menegur seorang pria yang sedang makan di sebuah warung. Warganet menganggap tindakan Brigadir Cikita tidak sopan.

Melalui akun twitter resminya, Divisi Humas Polri sebagaimana dikutip dari berita Tempo.co memberikan klarifikasi bahwa video yang beredar merupakan cuplikan dari acara TV “The Police”.

Polwan Brigadir Putri Cikita melabrak pria lantaran dianggap tak sopan saat diinterogasi petugas. (tangkapan layar/Instagram)Polwan Brigadir Putri Cikita melabrak pria lantaran dianggap tak sopan saat diinterogasi petugas. (tangkapan layar/Instagram)

“Di cuplikan video tersebut, dalam upaya memelihara Kamtibmas, kami memberikan teguran kepada lima orang masyarakat yang sedang mengonsumsi minuman keras di lokasi tersebut. Namun, terdapat satu orang yang tidak mengindahkan teguran tersebut dan malah menaikkan kakinya ke kursi serta membuang puntung rokok ke arah petugas. Atas tindakan tersebut, kami memberikan teguran lisan kepada orang tersebut” tulis keterangan Polri.

Mengenai kejadian tersebut, Brigadir Cikita memberikan pernyataan permohonan maaf melalui unggahan di akun TikTok @putrisirtycikita_sabunge.

“Manusia tidak ada yang sempurna dan tentunya manusia tempatnya salah dan dosa. Tolong stop hujat kami. Kami juga manusia biasa yang bisa saja melakukan kesalahan, baik yang di sengaja ataupun tidak di sengaja. Yang kami lakukan adalah sebagai edukasi supaya saling menghargai saat berbicara, karena kami datang untuk tugas patroli malam mengamankan wilayah dari hal-hal yang mengganggu ketertiban atau mencurigakan perbuatan kejahatan, Semua nya sudah selesai dan jelas yaa, mohon untuk tidak berlanjut dalam kasus kesalahpahaman ini. Dan kembali kami sampaikan bahwa tidak ada manusia yang luput dari sebuah kesalahan atau bisa menghindari sebuah kesalahpahaman seperti yang terjadi disini. Terimakasih.” tulisnya.

Kesimpulan:

Hingga artikel periksa fakta ini diterbitkan, tidak ditemukan informasi mengenai Brigadir Putri Cikita diberhentikan secara tidak hormat dari Polri. Artinya ini merupakan konten yang dimanipulasi atau berita bohong (Hoaks).

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #fakta #polwan #brigadir #putri #cikita #resmi #dipecat #secara #tidak #hormat

KOMENTAR