Tes CPNS Terdiri dari Apa Saja? Ini Kisi-Kisinya Lengkap
Ilustrasi tes CPNS terdiri dari apa saja (Freepik)
10:44
21 Agustus 2024

Tes CPNS Terdiri dari Apa Saja? Ini Kisi-Kisinya Lengkap

Pendaftaran CPNS 2024 telah resmi dibuka pada Selasa (20/8/2024). Kira-kira tes CPNS terdiri dari apa saja? Nah untuk mengetahuinya, simak berikut ini kisi-kisinya lengkap dengan rincian jumlah soal dan bobotnya.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), tahun ini CPNS  menyediakan 130.414 formasi untuk instansi pusat dan 148.012 formasi untuk instansi daerah. Pendaftaran dilakukan secara online.

Bagi yang berminat daftar CPNS 2024, pasti bertanya-tanya materi apa saja yang bakal masuk dalam CPNS 2024? Lantas, tes CPNS terdiri dari apa saja? Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini materi atau kisi-kisinya yang perlu diketahui lengkap dengan jumlah soal dan bobotnya.

Jumlah dan Bobot Soal CPNS

Baca Juga: 4 Tips agar Maksimal dalam Mengerjakan Tes CPNS 2023

Berdasarkan Keputusan PANRB  No 321 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil 2024, soal CPNS 2024 terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Untuk soal tes SKD ini jumlahnya sebanyak 110 butir dengan durasi waktu 100 menit. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  • TWK terdiri dari 30 soal dengan bobot nilai untuk jawaban benar nilainya 5 dan jawaban salah/ tidak menjawab nilainya 0.
  • TIU terdiri dari 35 soal dengan bobot nilai untuk jawaban benar nilainya 5 dan jawaban salah/ tidak menjawab nilainya 0.
  • TKP terdiri dari 45 soal dengan bobot nilai jawaban benar nilainya minimal paling 1 dan nilai maksimal 5, jika tidak menjawab nilainya 0.

Untuk nilai kumulatif maksimum tes SKD CPNS 2024 yaitu 550 yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan sebanyak (TWK) 150, Tes Intelegensia Umum (TIU) 175, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 225

Kisi-kisi soal CPNS 2024

Setelah mengetahui jumlah dan bobot soal tes CPNS, berikut ini kisi-kisi soal tes CPNS 2024 yang juga perlu diketahui.

Baca Juga: 4 Kanal YouTube Edukatif yang Wajib Dipantengin Para Pejuang CPNS!

1. Tes wawasan kebangsaan (TWK)

Tes wawasan kebangsaan (TWK) ini bertujuan untuk menilai apakah peserta menguasai pengetahuan dan mampu mengimplementasikan beberapa poin tentang Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, dan Bahasa Negara,

2. Tes intelegensia umum (TIU)

Untuk Tes intelegensia umum (TIU) ini bertujuan untuk menilai apakah peserta menguasi pengetahuan dan mampu mengimplementasikan kemampuan verbal, kemampuan numeric, dan kemampuan figuran.

Untuk kemampuan verbal yaitu sebagai berikut:

  • Analogi, guna mengukur kemampuan peserta dalam bernalar lewat perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu, lalu menggunakan konsep tersebut pada situasi lain.
  • Silogisme, guna mengukur kemampuan peserta untuk menarik kesimpulan dari 2 pernyataan yang ada.
  • Analitis, guna mengukur kemampuan peserta dalam menganalisis informasi yang ada dan memberikan

Untuk kemampuan numerik yaitu sebagai berikut:

  • Berhitung, guna mengukur kemampuan peserta dalam hitung sederhana.
  • Deret angka, guna mengukur kemampuan peserta dalam melihat pada pola hubungan angka.
  • Perbandingan kuantitatif, guna mengukur kemampuan peserta dalam menarik kesimpulan berdasarkan sajian dua data kuantitatif.
  • Soal cerita, guna mengukur kemampuan peserta dalam menganalisis kuantitatif serta informasi yang diberikan

Untuk kemampuan figural yakni sebagai berikut:

  • Analogi, guna mengukur kemampuan bernalar peserta melalui perbandingan anatara dua gambar yang memiliki hubungan tertentu, lalu menerapkan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.
  • Ketidaksamaan, guna mengukur kemampuan peserta dalam meihat perbedaan dalam beberapa gambar.
  • Serial, guna mengukur kemampuan peserta dalam melihat pola hubungan pada bentuk gambar.

3. Tes karakteristik pribadi (TKP)

Tes karakteristik pribadi ini bertujuan untuk menilai peserta menguasai pengetahuan dan mampu mengimplementasikan beberapa poin berikut:

  • Pelayanan publik, guna menilai apakah peserta memiliki kemampuan dalam menampilkan perilaku keramahtamahan di lingkungan kerja yang efektif agar dapat memenuhi kebutuhan maupun kepuasan orang lain yang sesuai dengan tugas serta wewenang yang dimiliki.
  • Jejaring kerja, guna mengukur kemampuan peserta dalam membangun dan membina hubungan, kerjasama, berbagi informasi serta berkolaborasi secara efektif dengan orang lain.
  • Sosial budaya, guna mengukur kemampuan peserta dalam beradaptasi dan bekerja dengan efektif dalam lingkungan masyarakat majemuk
  • Teknologi informasi dan komunikasi, guna mengukur kemampuan peserta dalam memanfaatkan secara efektif terknologi informasi untuk meningkatkan kinerja.
  • Profesionalisme, guna mengukur kemampuan peserta dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai tuntutan jabatan.
  • Anti-radikalisme, guna melihat kemampuan peserta dalam menjaring informasi perihal pengetahuan tentang anti radikalisme, kecenderungan dalam bersikap, serta bertindak  menanggapi stimulus dengan beberapa situasi alternatif

Demikian penjelasan mengenai kisi-kisi tes CPNS terdiri dari apa saja lengkap dengan jumlah dan bobot soal CPNS. 

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #cpns #terdiri #dari #saja #kisi #kisinya #lengkap

KOMENTAR