Publik Diajak Kawal Isu Pengelolaan Lingkungan dan Sumber Daya Alam di Pemerintahan Prabowo-Gibran
Lembaga Galang Keberlanjutan atau biasa dikenal dengan Relawan GK, menggelar bedah buku dengan tema ''Menyongsong Pemimpin Bangsa Peduli Lingkungan'' yang berlangsung di Kawasan Mega Kuningan Jakarta, Selasa (20/8/2024). 
19:57
20 Agustus 2024

Publik Diajak Kawal Isu Pengelolaan Lingkungan dan Sumber Daya Alam di Pemerintahan Prabowo-Gibran

- Lembaga Galang Keberlanjutan atau biasa dikenal dengan Relawan GK, menggelar bedah buku dengan tema "Menyongsong Pemimpin Bangsa Peduli Lingkungan" yang berlangsung di Kawasan Mega Kuningan Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Dalam kegiatan bedah buku Galang Kemajuan dan Keberlanjutan/GK berkolaborasi dengan Perkumpulan Profesional Lingkungan dan Mangrove Foundation.  

Ketua Galang Kemajuan dan Keberlanjutan Kelik Wirawan Wahyu menyebut, bedah buku ini diselenggarakan sejalan dengan visi misi dan agenda Galang Kemajuan dan Keberlanjutan.

"Saya kira buku Probowo Gibran memberikan perspektif lain dari pemimpin baru Indonesia 2024-2029, khususnya di isu pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam," kata dia. 

Pembicara utama Tasdiyanto merupakan Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Sumberdaya Alam KLHK memberikan pandangan terkait buku yang telah ditulis beberapa tahun silam tentang pandangan Prabowo tentang sumber daya alam dan lingkungan. 

Buku ini mencoba menangkap berbagai pemikiran Prabowo Subianto, seorang tokoh pemimpin yang memiliki pandangan terhadap pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. 

“Kita sering mendengar diksi 'bocor-bocor' dari Pak Prabowo dan saya kira beliau paham betul bagaimana seharusnya mengelola sumberdaya alam agar memberi kebermanfaatan bagi rakyat Indonesia," ucapnya.

Tasdiyanto yang juga mantan Sekjen Komnas HAM RI, menegaskan bahwa bedah buku ini, adalah bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di berbagai daerah seperti kampus dan kelompok masyarakat. 

"Intinya kita mau mengajak publik untuk konsern mengawal agenda lingkungan pada pemerintahan baru nanti," ujarnya.

Pembicara lain, Irhash Ahmady Penulis Buku Mas Gibran dan Kepedulian Lingkungan menyebut bahwa buku ini menceritakan perjalanan hidup dan karir putra sulung Presiden Republik Indonesia, Gibran Rakabuming Raka yang memulai dari bisnis, menjadi
walikota Solo dan juga menjadi wakil presiden terpilih 2024-2029.

Secara politik memang diuntungkan karena posisi sang ayah yang menjadi presiden RI.

Namun sesungguhnya banyak kisah sukses yang menjadi latar mengapa Gibran layak menjadi Wakil Presiden.

“Pemahaman Lingkungan Mas Gibran cukup mumpuni, karena sebagai mantan Wali Kota paham betul problem kota pasti pengelolaan sampah kota, dan beliau mampu mewujudkan Solo sebagai kota bebas sampah dan menjadi role model dalam pengelolaan sampah," ujarnya.

Sementara itu, Irhash Ahmady yang juga aktivis lingkungan ini menambahkan bahwa hal yang paling mengagetkan adalah gagasan Gibran tentang persoalan iklim.

“Dalam debat Cawapres lalu, dua diksi yang beliau munculkan yakni Greenflation, Carbone Capture and Storage mampu menghiasi diskursus public. Sebuah pandangan cerdas tentang adaptasi dan mitigasi perubahan iklim," katanya.

Dalam bedah buku ini, hadir sebagai penanggap Putri Nami Afrah Mariam Insani, merupakan Putri Bumi Indonesia 2024 menyampaikan pandangan bahwa lingkungan menjadi agenda penting yang melibatkan banyak anak muda agar kepedulian menjadi sebuah movement.

"Kita bersyukur ada wakil presiden anak muda sehingga agenda lingkungan menjadi perhatian serius bagi keberlanjutan pembangunan di Indonesia," katanya.

Lebih lanjut Nami sapaan akrabnya menyampaikan, dua buku tentang kepedulian Prabowo Gibran menjadi referensi bagi anak muda untuk melihat arah kebijakan lingkungan kedepan.

“Semoga Pemimpin kedepan bisa Amanah menjaga bumi Indonesia dari ancaman kerusakan lingkungan dan perubahan iklim. katanya.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #publik #diajak #kawal #pengelolaan #lingkungan #sumber #daya #alam #pemerintahan #prabowo #gibran

KOMENTAR