Mengenal Karakteristik Kopi Bogor Megamendung: Robusta atau Arabica Ya?
Mengenal karakteristik kopi Bogor Megamendung di Raindear Coffeehouse [Suara.com/Dini Afrianti]
13:44
19 Agustus 2024

Mengenal Karakteristik Kopi Bogor Megamendung: Robusta atau Arabica Ya?

Jarang yang tahu kalau Bogor juga punya biji kopi andalan loh, dan bahkan kerap dimanfatkan industri food and beverage (F&B) dalam negeri. Kira-kira jenisnya robusta atau arabica ya?

Supervisor Raindear Coffeehouse, Gilang menjelaskan biji kopi Bogor banyak diambil di daerah kawasan Megamendung. Bahkan biji kopi Megamendung ini sudah digunakan khusus untuk membuat kopi Bogor, dengan rasa dan karakter yang unik.

"Karakteristik kopi Bogor ini dari biji robusta dari Megamendung, kita itu karakternya cari pahitnya tapi rasa kopinya juga cenderung creamy. Jadi aman untuk lambung," ujar Gilang di Raindear Coffeehouse, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Raindear Coffeehouse, Jawa Barat [Suara.com/Dini Afrianti]Raindear Coffeehouse, Jawa Barat [Suara.com/Dini Afrianti]

Ia menambahkan kopi Bogor ini sudah jadi signature atau minuman andalan di Raindear Coffeehouse, bahkan sudah dipesan ke berbagai wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: Kopi Putih: Lebih dari Sekadar Warna

Lantaran rasanya yang cenderung creamy, maka kopi Bogor ini bisa dinikmati oleh lebih banyak orang, bahkan bukan penikmat kopi sekalipun.

Perbedaan kopi arabika dan robusta

Mengenal karakteristik kopi Bogor Megamendung di  Raindear Coffeehouse [Suara.com/Dini Afrianti]Mengenal karakteristik kopi Bogor Megamendung di Raindear Coffeehouse [Suara.com/Dini Afrianti]

Tidak banyak orang yang tahu di Indonesia umumnya dikenal dengan dua tipe biji kopi, yaitu kopi arabika dan robusta. Menurut Gilang, dua biji kopi ini memiliki rasa yang cukup kontras.

"Jadi untuk kopi arabika cenderungnya itu ke asam, kalau robusta dan kopi Bogor ini kita cenderung cari pahit (pekat)nya," jelas Gilang.

Itulah sebabnya tidak aneh jika di berbagai daerah Indonesia terkenal dengan kopi dengan rasa buah karena terdapat sensasi asam di dalamnya. Namun yang perlu diingat, kata Gilang, perbedaan robusta dan arabica juga dikenal dari sisi kandungan kafeinnya.

Baca Juga: Kopi Produksi UMKM Asal NTT Maju ke Festival Dunia di Copenhagen

"Perbedaan asam ke pahit, dan robusta itu kafeinnya lebih tinggi, sedangkan arabika itu lebih rendah kafeinnya. Makanya kita ada 2 kopi, di sini kafein lebih rendah pakenya arabika makanya ada coffee latte, dan lain-lain," pungkass Gilang.

Raindear Coffeehouse, Jawa Barat [Suara.com/Dini Afrianti]Raindear Coffeehouse, Jawa Barat [Suara.com/Dini Afrianti]

Perlu diketahui, Raindear Coffeehouse ini juga tidak hanya menyajikan kopi. Tapi juga ada makanan unik, seperti nasi goreng hitam hingga tahu gejrot dengan taburan pangsit yang menggugah selera.

Apalagi kafe di wilayah Baranangsiang, Bogor ini juga memiliki desian interior american classic sehingga cocok untuk dijadikan spot foto.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #mengenal #karakteristik #kopi #bogor #megamendung #robusta #atau #arabica

KOMENTAR