Prabowo Subianto Hadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Pakai Baju Adat Bangsawan Betawi
Prabowo Subianto di Upacara HUT RI k-79 di IKN. (Instagram)
20:41
17 Agustus 2024

Prabowo Subianto Hadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Pakai Baju Adat Bangsawan Betawi

Prabowo Subianto turut hadir di Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan pada Sabtu (17/8) pagi.

Duduk di samping Presiden Joko Widodo (Jokowi), Prabowo nampak mengenakan baju adat khas Betawi. Diketahui presiden terpilih periode 2024-2029 itu memakai baju adat bangsawan Betawi, Ujung Serong.

Dalam budaya Betawi, busana Ujung Serong kerap kali dikenakan oleh para ketua adat, tokoh masyarakat, dan pria dewasa dalam acara-acara penting dan resmi.

Prabowo Subianto pakai baju adat Betawi. (Instagram)Prabowo Subianto pakai baju adat Betawi. (Instagram)

Busana adat itu terdiri dari atasan jas dan bawahan berwarna hitam yang dilengkapi dengan kain batik serta hiasan kuku macan di saku jas.

Baca Juga: Momen Bersejarah! Upacara HUT ke-79 RI Sukses Digelar di IKN untuk Pertama Kalinya

Kain batik cokelat yang terikat di pinggangnya terlihat panjang menjuntai ke bawah. Penampilan Prabowo pun semakin lengkap dengan blangkon Betawi berwarna cokelat yang motifnya senada dengan kain batiknya.

Baju adat Prabowo pada HUT RI ke-79 di IKN ini mirip dengan yang dipakai Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8).

Presiden Jokowi pakai baju adat Betawi. (Instagram)Presiden Jokowi pakai baju adat Betawi. (Instagram)

Bedanya, Presiden Jokowi memakai kain batik motif gigi balang yang berbentuk segitiga, melambangkan hubungan yang baik dengan Tuhan, manusia, dan alam semesta.

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga melengkapi penampilannya dengan songkok atau kopiah warna hitam yang terbuat dari beludru, beda dengan Prabowo yang memakai blangkon.

Baca Juga: Bak Langit Bumi, Beda Makna Baju Adat Jokowi vs Ma'ruf Amin Saat Upacara 17 Agustus di IKN

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #prabowo #subianto #hadiri #upacara #pakai #baju #adat #bangsawan #betawi

KOMENTAR