Adu Pendidikan Anies Baswedan vs Ridwan Kamil yang Disebut Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada DKI
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. [Instagram/aniesbaswedan]
13:34
16 Agustus 2024

Adu Pendidikan Anies Baswedan vs Ridwan Kamil yang Disebut Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada DKI

Ramai isu Anies Baswedan sulit maju di Pilkada DKI, dan Ridwan Kamil digadang-gadang bakal melawan kotak kosong pada November 2024. 

Hal ini karena mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu, disebut kesulitan dapat 'kendaraan' partai yang mengusung. Kondisi ini berbeda dengan Ridwan Kamil yang sudah masuk sebagai anggota partai Golkar, sehingga lebih mudah diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Dugaan ini membuat publik sibuk membandingkan riwayat pendidikan Anies Baswedan vs Ridwan Kamil. Kira-kira lebih unggul siapa ya?

Anies Baswedan berhasil meraih gelar PhD (Doctor of Philosophy), karena oa merupakan lulusan S3 di berbagai bidang ilmu sosial.

Baca Juga: Anies Baswedan Berpotensi Batal Nyagub Jakarta, Ibas Demokrat Bilang Ini

Tamat dari SMA Negeri 2 Yogyakarta, Anies kuliah singkat di Universitas Sophia, Tokyo, Jepang. Baru kemudian ia sekolah S1 di Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian melanjutkan S2 hingga S3 di dua universitas bergengsi Amerika Serikat, yakni Universitas Maryland dan Universitas Northern Illinois.

Setelah lulus, Anies juga sempat bekerja di Amerika Serikat, bahkan menikah dengan Fery Farhati, hingga tinggal dan meniti karier di negara Adikuasa tersebut. 

Sedangkan Ridwan Kamil usai lulus dari SMA Negeri 3 Bandung, ia menyelesaikan pendidikan S1 arsitektur di Institut Teknologi Bandung alias ITB.

Kemudian ia berhasil meraih gelar master karena lulus S2 di Universitas California Amerika Serikat, hingga akhirnya langsung bekerja dan kini jadi politisi.

Baca Juga: Bukan Kaesang! PSI Kasih Rekomendasi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng

Namun pada Juni 2024, Ridwan Kamil mengumumkan dirinya baru saja mendapatkan gelar Doktor Kehormatan oleh University of Glasgow di Inggris, bersama para tokoh lainnya.

So, menurut kamu siapa yang lebih pantas jadi Gubernur DKI?

Editor: Vania Rossa

Tag:  #pendidikan #anies #baswedan #ridwan #kamil #yang #disebut #bakal #lawan #kotak #kosong #pilkada

KOMENTAR