Cara ke IKN dari Jakarta: Bisa Lewat Jalur Darat, Laut, Maupun Udara
Foto menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru di masa depan di ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (11/7/2024). [Yasuyoshi CHIBA / AFP]
22:05
13 Agustus 2024

Cara ke IKN dari Jakarta: Bisa Lewat Jalur Darat, Laut, Maupun Udara

Upacara HUT kemerdekaan RI 17 Agustus ke-79 akan diselenggarakan di  dua tempat yaitu Jakarta dan IKN. Untuk upacara yang berlangsung di IKN, ada beberapa persiapan yang dilakukan, satu di antaranya cara ke IKN dari Jakarta.

Diketahui bahwa untuk ke IKN bisa lewat jalur udara, darat, maupun laut dan dengan beragam pilihan rute hingga moda transportasi. Jika melalui udara, maka bisa memilih rute penerbangan Jakarta-Balikpapan. Selain itu, bisa juga melalui tol IKN.

Setelah sampai di Balikpapan, ada beberapa rute jalur darat yang bisa dilalui. Nah untuk selengkapnya, berikut rute menuju IKN yang perlu diketahui para peserta upacara yang akan mengikuti upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

1. Melalui jl. Tol Balikpapan-Samarinda-IKN

Baca Juga: Bandara Sepinggan Balikpapan Jadi Ramai Penumpang Setelah IKN Gelar Upacara HUT RI

Salah satu rute yang bisa digunakan menuju IKN yaitu melalui jl. Tol Balikpapan-Samarinda-IKN. Adapun kendaraan yang bisa digunakan untuk perjalanan melalui Tol Balikpapan-Samarinda-IKN yakni bisa mobil pribadi maupun angkutan umum.

Jika menggunakan angkutan umum seperti bus DAMRI, biasanya harga tiketnya sebesar Rp43.000. Untuk jam keberangkatan mulai pukul 06.00-17.00 WITA dengan waktu keberangkatan setiap satu jam sekali.  

2. Teluk Balikpapan-Sepaku IKN

Rute berikutnya yang bisa dilewati menuju IKN yaitu lewat laut. Untuk jalur laut ini bisa melalui Pelabuhan Semayang menggunakan speed boad dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Kemudian dilanjutkan perjalanan darat lewat Jl. Hutan Produksi ke pintu masuk KIPP.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dimanjakkan dengan pemandangan menarik, termasuk landscape Jembatan Pulau Balang penghubung Jalan Tol Akses IKN.

Baca Juga: Jokowi Jajal Kereta Otonom Di IKN, Pastikan Bisa Angkut Tamu HUT Kemerdekaan

3. Samarinda-Tol Balikpapan Samarinda-IKN

Samarinda-Tol Balikpapan Samarinda-IKN  juga salah satu rute menuju IKN dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Adapun rute perjalanannya yakni jl. APT Pranoto-Tol Palaran-Tol Balsam-Tol Samboja Km 38-Jl. Poros Samboja-Semoi-Petung- Simpang 3 Titik Nol IKN-Titik Nol IKN.

4. Balikpapan-Jalan Tol IKN

Rute selanjutnya yang bisa dipilih menuju IKN yaitu Jalan Tol Akses IKN. Adapun tol akses IKN ini terhubung dengan Jembatan Pulau Balang PPU, terutama di Segmen 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang. Adapun waktu tempuhnya sekitar 30 menit.

Demikian ulasan mengenai beberapa cara ke IKN dari Jakarta yang perlu diketahui, terutama bagi yang akan mengikuti upacara bendera Kemerdekaan RI 2024 di IKN. Semoga informasi ini bermanfaat!

Rangkaian Upacara HUT RI ke-79 di IKN dan Jakarta

Seperti diketahui bahwa rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 akan digelar di dua di tempat yaitu di Jakarta dan IKN. Untuk lebih jelasnya, berikut ini rincian rangkaian Acara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus di IKN

  • Pukul 00.00 WITA digelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN.
  • Pukul 09.15 WITA digelar Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.
  • Pukul 10.15 WITA digelar Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN.
  • Pukul 11.00 WITA digelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.
  • Pukul 15.45 WITAd digelar Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.
  • Pukul 17.00 WITA digelar Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Jika di atas susunan acara 17 Agustus di IKN, berikut ini adalah rincian rangkaian acara 17 Agustus 2024 di Jakarta.

  • Pukul 00.00 WIB digelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMPNU Kalibata.
  • Pukul 08.15 WIB digelar Pertunjukan Kesenian di Halaman Istana Merdeka Jakarta.
  • Pukul 10.00 WIB digelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta.
  • Pukul 14.45 WIB digelar Pertunjukan Kesenian di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta.
  • Pukul 17.00 WIB digelar Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta.

Demikian informasi mengenai susunan petugas upacara 17 Agustus di IKN lengkap dengan susunan acaranya. Semoga informasi ini bemanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #cara #dari #jakarta #bisa #lewat #jalur #darat #laut #maupun #udara

KOMENTAR